Apa dampak dari terjadinya Digital Divide pada daerah kota besar dan kecil?

Digital Divide adalah sebuah fenomena dimana seseorang masih kurang akses terhadap teknologi yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi.

1. Dampak negatif
Orang di kota cenderung lupa diri saat memanfaatkan teknologi, membuat mereka kehilangan banyak waktunya yang sesungguhnya bisa dilakukan dengan manual tetapi sudah dipermudah dengan teknologi. Sedangkan yang tidak dapat menghasilkan dan memanfaatkan teknologi hanya bisa menjadi penonton, hal ini menjadikan yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan menjadi tetap miskin (desa).

2. Dampak positif
Membuat orang-orang di desa yang semula tak mengetahui apa itu teknologi menjadi antusias ingin mengetahui apa itu teknologi dan apa manfaatnya, sehingga mereka pun akan belajar untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan perekonomian nya di desa. Sedangkan dampak positif bagi orang-orang di kota, kesenjangan digital ini adalah bagi mereka yang dapat menghasilkan dan memanfaatkan teknologi sangat memiliki peluang untuk mengelola ekonomi (kota) .

sumber
http://hasanxch.blogspot.co.id/2015/10/positif-dan-negatif-digital-divide.html

DAMPAK POSITIF
Dampak positif kesenjangan digital bagi sebagian orang yang belum mengenal atau menerapkan teknologi adalah masyarakat dapat termotivasi untuk ikut ambil bagian dalam peningkatan teknologi informasi. Teknologi informasi merupakan teknologi masa kini yang dapat menyatukan atau menggabungkan berbagai informasi, data dan sumber untuk dimanfaatkan sebagai ilmu bagi kegunaan seluruh umat manusia melalui penggunaan berbagai media dan peralatan telekomunikasi modern. Dengan menggunakan berbagai media, peralatan telekomunikasi dan komputer canggih, Teknologi Informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan peradaban umat manusia di seluruh dunia. Kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad informasi ini telah memudahkan manusia berkomunikasi antara satu dengan lainnya.

DAMPAK NEGATIF
Dampak negatif kesenjangan digital adalah bagi mereka yang mampu menghasilkan teknologi dan sekaligus memanfaatkan teknologi memiliki peluang lebih besar untuk mengelola sumber daya ekonomi, sementara yang tidak memiliki teknologi harus puas sebagai penonton saja. Akibatnya yang kaya semakin kaya dan yang miskin tetap miskin. Kemajuan Teknologi Informasi itu terlahir dari sebuah kemajuan zaman, bahkan mungkin ada yang menolak anggapan, semakin tinggi tingkat kemajuan yang ada, semakin tinggi pula tingkat kriminalitas yang terjadi. Kehadiran internet ditengah masyarakat menimbulkan dampak positif dan negatif, ibarat sebilah pisau, tergantung pemakainnya. Bila digunakan untuk hal-hal yang benar dan bermanfaat akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan, tetapi jika jatuh ditangan orang jahat akan membahayakan orang lain. Misalnya ; Pembobolan Kartu Kredit. pembobolan kartu kredit (Credit Card Fraud) dengan modus mencuri dan memalsukan kartu kredit. Perbuatan ini menimbulkan kerugian pada pemilik kartu Bank penerbit bahkan merugikan Negara.

  • Dampak positif diatas dapat dikategorikan dalam dampak Digital Divide pada daerah kota kecil.
  • Dampak negatif diatas dapat dikategorikan dalam dampak Digital Divide pada daerah besar.

Sumber : https://lynalyna.files.wordpress.com/2010/04/digital-divide-e-gov1.doc

Ada 2 dampak yang ditimbulkan oleh kesenjangan digital yakni dampak positif dan dampak negatif

  1. Dampak Negatif

Munculnya digital divide sangat berpengaruh dalam semua bidang kehidupan masyarakat dan membawa dampak negatif bagi mereka yang belum menikmati teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Bagi mereka yang mampu menghasilkan teknologi dan sekaligus memanfaatkan teknologi memiliki peluang besar untuk mengelola sumber daya ekonomi, sementara yang tidak memiliki teknologi harus puas sebagai penonton saja. Sehingga yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Dampak ini juga jelas terlihat dari kualitas pendidikan. Kesenjangan ini akan mengakibatkan orang yang tidak mengerti TIK akan jauh tertinggal dengan mereka yang sudah mengenalnya sehingga pendidikan tidak merata.

Kesenjangan digital berdampak kepada kesenjangan sosial. Chen dan Welman mengungkapkan bahwa kelompok sosial dan negara yang berada di kelompok yang salah dalam kesenjangan dijital dapat terkucilkan dari ekonomi pengetahuan. Dengan kata lain, jika kesenjangan yang telah ada sebelumnya membuat orang tidak dapat menggunakan komputer dan Internet, kesenjangan ini semakin hari semakin meningkat karena pemanfaatan internet semakin tinggi misalnya untuk mencari pekerjaan, mencari informasi, dan terlibat dalam kegiatan sipil maupun kewirausahaan

  1. Dampak Positif

Dampak positif kesenjangan digital jelas terlihat bagi mereka yang belum mengenal atau menerapkan teknologi adalah semakin termotifasi untuk ikut ambil bagian dalam peningkatan teknologi informasi. Motifasi ini akan mendorong masyarakat untuk semakin mengenal peralatan telekomunikasi.Dengan menggunakan berbagai media, peralatan telekomunikasi dan komputer canggih, teknologi informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan peradaban umat manusia di seluruh dunia. Kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad informasi ini telah memudahkan manusia berkomunikasi antara satu dengan lainnya.

Sumber : http://www.internetworldstats.com/links10.htm
http://www.g20-insights.org/policy_briefs/digital-infrastructure-overcoming-digital-divide-emerging-economies/