Apa dampak dari revolusi hijau?

kak, kan revolusi hijau tidak diterapkan sampai sekarang, kira-kira apasih dampak dari revolusi hijau itu sampai gabisa di terapkan sampai sekarang? Terima kasih.

izin menjawab kak. Revolusi hijau adalah perubahan yang terjadi pada pertanian, yang mengacu pada intensifikasi, ekstensifikasi tanaman pangan. Dampak yang bisa terjadi dari kegiatan pelaksanaan Revolusi Hijau mencangkup 3 hal, ekonomi: produktifitas padi meningkat, diperkenalkan berbagai macam pertanian modern, diperkenalkan bibit unggul, ketergantungan pupuk kimia, punahnya bibit padi lokal. Sosial: nilai kekerabatan memudar, ketenagakerjaan buruh stagnasi bahkan menurun, pendidikan meningkat. Kebudayaan: daya kerja petani meningkat tradisi masyarakat luntur misalnya saat panen padi, pengolahan panen dan upacara pertanian, kebudayaan masyarakat dan rasa kebersamaanya lambat laun hilang karena modernisasi tersebut.

Halo kak izin menjawab, revolusi hijau memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah meningkatnya produksi pertanian sampai Indonesia sempat mengalami swasembada pangan dan mendapatkan penghargaan dari FAO tahun 1988, ditemukannya berbagai jenis tanaman varietas unggul, dan meningkatkan kesejahteraan petani karena pendapatan petani. Tetapi dampak negatif yang ditimbulkan dari revolusi hijau lebih besar yaitu menurunnya daya produksi tanah karena ditanami terus menerus dan penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlibihan yang juga mencemarkan tanah dan air. Bahkan sampai sekarang, petani masih berusaha untuk meningkatkan kembali daya produksi tanah.