Apa dampak dari mencabut gigi geraham

gigi graham

Apa dampak dari cabut gigi geraham? dan apakah akar yang di gigi graham harus di cabut? Apakah gigi graham tercabut itu baik?

1. Kerusakan Saraf Permanen

Kerusakan saraf alveolar inferior atau lingual permanen sangat jarang terjadi, namun secara umum, risiko yang diketahui terkait dengan pencabutan gigi geraham. Cedera pada saraf lingual atau nervus alveolar inferior saat melepaskan gigi geraham yang lebih rendah adalah penyebab paling umum proses litigasi dalam kedokteran gigi.

Hubungan anatomis yang erat antara saraf dan molar ketiga membuat mereka berisiko mengalami cedera. Kejadian komplikasi yang sangat jarang ini bervariasi di antara penelitian dan sulit ditentukan secara tepat karena populasi penelitian kecil. Kejadian lesi saraf alveolar inferior permanen berkisar antara 0 hingga 19 persen seperti efek samping gigi dicabut.

2. Fraktur Mandibula

Fraktur mandibula segera atau terlambat adalah kejadian langka, namun merupakan komplikasi utama. Penurunan kekuatan tulang dapat disebabkan oleh atrofi fisiologis, osteoporosis, proses patologis, atau dapat menjadi sekunder akibat intervensi bedah. Tidak ada data yang valid mengenai kejadian fraktur mandibula dan faktor risiko tidak dipahami dengan jelas.

3. Proses Inflamasi dan Pembentukan Abses Yang Tidak Biasa

Dalam laporan kasus yang ditinjau, perpanjangan proses inflamasi ke daerah atipikal di otak dan daerah serviks dibahas. Dalam satu kasus, abses subperiosteal orbit muncul setelah ekstraksi yang tidak lancar dari gigi rahang atas ketiga yang mungkin disebabkan oleh perluasan infeksi melalui area pterygopalatine dan infratemporal ke fisura orbital inferior. Kelompok lain menyajikan empyema subdural dan sindrom herpes zoster (sindrom Hunt) . Dalam kasus lain, abses otak berkembang setelah melepaskan gigi geraham ketiga bawah seperti efek gigi gingsul dicabut.

4. Peralihan Geraham

Pemindahan yang tidak disengaja dari geraham kecil yang terkena dampak, baik fragmen akar, mahkota, atau keseluruhan gigi, tidak umum terjadi saat ekstraksi, namun bagaimanapun merupakan komplikasi yang diketahui dengan baik yang sering disebutkan dalam penelitian. Bila fragmen akar “hilang” selama ekstraksi, pengambilannya tidak boleh dilakukan. Rujukan segera ke spesialis harus dilakukan. Geraham ketiga atas dapat dipindahkan ke fosa infratemporal.

5. Komplikasi Yang Tidak Biasa

Kompromi jalan nafas seperti mengalami pembengkakan langit-langit akibat pendarahan setelah ekstraksi setelah dia menjalani ekstraksi gigi geraham. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hematoma di ruang faring submandibular dan lateral yang mengakibatkan penyimpangan orofaring dan penyempitan jalan napas pada tingkat orofaring.