© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa Dampak Buruk Ketika Tidur Masih Menggunakan Makeup?

tidur cantik

Penting sekali membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur. Tetapi mungkin di saat sudah sangat lelah setelah menjalani aktivitas seharian, rasanya pasti malas membersihkan wajah dari kosmetik saat menyentuh tempat tidur.

Apa dampak buruk ketika tidur masih menggunakan makeup ?

1 Like

images (5)

Timbulnya Infeksi Bakteri dan Jerawat

Hal ini tentunya menjadi alasan utama. Foundation ataupun bedak pada kulit akan bercampur dengan minyak wajah, sehingga mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit dan menimbulkan bakteri. Jika ini sering terjadi, kulit Anda mudah terkena infeksi bakteri dan timbul jerawat baru! Sebelum pusing mencari cara untuk menuntaskan jerawat, lebih baik cegah dengan melakukan deep cleansing sebelum tidur. Salah satunya bisa menggunakan toner atau facial wash yang mengandung salicylic acid yang membantu eksfoliasi dan mengeliminasi jerawat.

Menumpuknya Komedo

Kosmetik akan mengisi pori-pori kulit, bertumpuk dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya komedo. Dan jika sudah parah, sulit untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori! Bersihkan wajah menggunakan scrub sesekali untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Infeksi Pada Mata

Tidur dengan eyeshadow dan maskara dapat membahayakan mata Anda. Butiran-butiran kosmetik dapat menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata dan membuatnya infeksi.

Bulu Mata Yang Mudah Rontok

Mengenakan maskara saat tidur dapat membuat hal ini terjadi. Saat tertidur, mungkin secara tak sadar mata Anda akan tergosok. Maskara pun akan menjadi kering di bulu mata, membuatnya jadi lebih mudah tertarik dan menyebabkan bulu mata rontok.

Proses Regenerasi Kulit Terhambat

Pada malam hari ketika Anda tidur, itulah “jam alami” kulit untuk memperbarui sel-sel nya. Mengenakan makeup dapat merusak proses alami ini, menyebabkan kulit jadi rentan akan kerusakan, apalagi jika dilakukan secara sering.

Berdasarkan artikel dari Tempo, memakai make-up semalaman membuat kulit Anda tidak akan bisa beregenerasi secara alami. Warna kulit menjadi tidak merata, bisa menimbulkan noda kemerahan, dan kulit wajah menjadi kering.

Riasan mata, seperti eyeshadow dan eyeliner, bisa menyumbat folikel rambut dan kelenjar minyak serta bakteri yang dapat menimbulkan peradangan. Partikel riasan mata juga bisa masuk ke mata dan bisa menyebabkan kornea terluka.

Tidak membersihkan foundation yang mengandung minyak bisa sangat berpotensi menyebabkan jerawat. Lipstik yang belum dihapus bisa menyebar ke seluruh wajah Anda, menyumbat pori-pori, dan menimbulkan komedo. Kandungan lilin pada produk lipstik bisa membuat bibir pecah-pecah.

Sepanjang hari, radikal bebas pada lingkungan melekat pada make-up Anda. Tidur dengan make-up berarti wajah Anda terpapar radikal bebas lebih lama lagi. Ini bisa merusak kolagen dan bahkan secara bertahap akan menimbulkan keriput.

Selain itu, make up yang digukanakan dalam waktu lama akan Merusak Sel Kulit Mati

“Makeup menjebak polutan lingkungan dan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit, yang meyebabkan penuaan dini pada kulit,” Dr. J. Matthew Knight.

Sisa residu makeup yang tidak dibersihkan dapat menciptakan penghalang bagi kulit yang mencegah bahan bermanfaat menembus permukaan kulit, sehingga kulit akan terlihat kering.