Apa dampak bila kita menerapkan Algoritma dalam kehidupan sehari-hari?

Algoritma merupakan kumpulan dari langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Lalu, bagaimana jika kita menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari…

A post was merged into an existing topic: Apa saja contoh penggunaan algoritma dalam kehidupan sehari-hari?

Sebuah algoritma akan membuat kehidupan sehari hari kita lebih teratur. Karena algoritma merupakan langkah yang runtut, maka jika kita mengikutinya, output yang kita dapatkan akan sesuai dengan keinginan kita. Misalkan ketika kita mandi, kita perlu menyiapkan handuk terlebih dahulu, lalu melepas pakaian, dan melakukan beberapa hal yang disebut mandi yaitu menyiram badan, memberi sabun, sampo, sikat gigi, sabun wajah, dan bercukur.

Setelah melakukan hal tersebut, maka kita akan mendapatkan output yang kita inginkan, yaitu menjadi bersih dan segar. Jika kita tidak menerapkan algoritma dalam kehidupan sehari hari, akan banyak masalah yang kita dapatkan, misal kita ke kamar mandi ingin mandi namun tidak membawa handuk, atau kita menempatkan sesuatu pada tempat yang salah.

Proses semacam algoritma sebenarnya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja jika Anda membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, Anda juga akan melihat prosedur untuk membuat masakan. Prosedur dalam resep seperti itu sebenarnya menyatakan semacam algoritma.

Prosedur itu merupakan suatu urutan yang memandu orang untuk melakukan suatu proses. Namun ada perbedaan antara algoritma dan prosedur. Prosedur biasanya bersifat global dengan mengasumsikan bahwa manusia telah mengetahui rincian langka-langkah tertentu.

Dengan menerapkan prinsip algoritma, kita lebih bisa mengatur waktu dan langkah-langkah apa saja yang akan diambil kedepannya. Jadi tidak perlu bingung untuk kita dalam mengambil keputusan yang benar dan sesuai.