Apa ciri seseorang memiliki spiritual yang tinggi?

sprit-energy-protection

Spiritual adalah sesuatu yang berhubungan spirit, semangat untuk mendapatkan keyakinan, harapan dan makna hidup. Seseorang yang memiliki karakter spiritual yang tinggi dapat lebih produktif dalam menjalani hidup – tidak mudah terbawa arus, cakap, kreatif, dan produktif dalam menjalani aktivitasnya. Orang yang memiliki spiritual yang tinggi cenderung lebih bijaksana, pembawaanya tenang, dan memandang segala hal dari sisi positifnya sehingga permasalahan dalam hidup dapat diselesaikan dengan baik.

Menurut youdics, apa ciri seseorang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi?

Sumber

Yusuf, dkk. 2016. Kebutuhan Spiritual: Konsep dan Aplikasi dalam Asuhan Keperawatan. Universitas Airlangga

3 Likes

Kecerdasan seorang manusia itu banyak sekali jenisnya, dan spiritual adalah salah satunya. Dengan memilik kecerdasan spiritual, maka ia akan lebih mudah untuk mendapatkan ketenangan bati, jiwa, raga karena spiritual ini berkaitan langsung dengan kedamainan dan ketenangan.
Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan spiritual:

  • Ia dapat mengenali dirinya sendiri. Ia paham ia siapa dan apa saja kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Sehingga ketik ia mendapatkan sebuah hinaan ia tidak akan merasa tersinggung karena ia tahu betul dirinya lebih dari orang lain tahu siapa dia.
  • Ia merupakan orang yang rendah hati dan tulus. Ia tidak mengharapkan apapun, ia hanya percaya pada dirinya sendiri untuk berbuat suatu kebaikan dan itu semua ia lakukan dengan tulus dan dengan maksud membantu sesama, tidak ada niat apapun lainnya.
  • Ia mencinta tanpa mengharapkan sebuah balasa. Ketika Tuhan memberikan sebuah kasih cinta padanya untuk ia bagi kesesama, ia sama sekali tidak mengharapkan balasan dari orang tersebut karena hanya dengan diberikan rasa cinta dari Tuhan untuk ia nikmati saja sudah membuatnya bahagia dan senang.
  • Nyaman dalam ketidaktahuan. Banyak orang yang merasa galau dan gundah akan hal yang tidak pasti datang dimasa depan, namun orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual ini mereka akan berusaha terus mengendalikan hidupnya dan menaruh kepercayaan pada setiap rencana dan Langkah-langkahnya.
  • Percaya pada kebijakan kehidupan.
  • Tidak tertarik menjadi apa yang orang lain inginkan. Karena mereka tau siapa diri dan kualitas diri mereka, mereka tidak akan sibuk untuk menuruti apa mau dari orang-orang sekitarnya.
  • Bijak
  • Mudah memaafkan.
  • Menyukai ketenangan dan kesendirian.