Apa ciri-ciri ketombe parah?

Ketombe parah memang bukan penyakit serius yang bisa menular. Meski tidak mengganggu kesehatan, kehadiran ketombe bisa mengganggu stabilitas emosi dan psikis. Apa ciri-ciri ketombe parah?

  1. Ketombe berwarna kekuningan dan besar.
    Gejala awal ketombe ditandai terbentuknya butiran kecil berwarna putih di area kuit kepala. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, kondisinya akan semakin parah dan bisa dilihat dari bentuk serta warna ketombe yang berubah. Ia akan berubah menjadi besar dan berwarna kekuningan.

  2. Kulit kepala berminyak.
    Jangan sampai ketombe parah menyebabkan kepercayaan dirimu turun drastis.Jangan sampai ketombe parah menyebabkan kepercayaan dirimu turun drastis.
    Kondisi kulit kepala yang berubah bisa menjadi salah satu gejala awal atau muncul setelah ketombe semakin parah. Setelah keramas, kamu akan merasa bagian akar rambut tetap berminyak dan lepek. Jika mengalaminya, kamu harus segera melakukan penanganan.

  3. Rasa gatal yang tidak tertahan.
    Sama seperti bagian kulit yang lain, kulit kepala akan terasa sangat gatal saat mengalami kekeringan parah. Jangan tergoda untuk menggaruknya ya, karena inilah biasanya faktor yang membuat ketombe semakin parah.

  4. Rambut rontok.
    Ketombe parah bisa menyebabkan rambut rontok.Waspada terhadap rambut rontok, bisa jadi keadaan kulit kepalamu memburuk.
    Hal ini biasanya menjadi fase lanjutan dari rambut dengan kondisi ketombe parah. Jika rambutmu juga mengalami rontok karena patah, artinya kulit kepalamu tidak sehat dan kehilangan kapasitasnya untuk menopang rambut. Hasilnya? Rambut tidak ternutrisi hingga ke ujung dan jadi mudah patah.

  5. Jatuh hingga ke pakaian.
    Ini yang harus kita hindari! Jangan sampai karena ketombe kamu jadi tidak bebas berekspresi lewat pakaian. Ketombe parah biasanya rontok hingga ke pundak dan menempel di baju. Kehadirannya adalah pertanda bahwa kulit kepalamu membutuhkan pertolongan segera.

Sumber: