Apa ciri-ciri Ikan Mas Koki (Goldfish)

image

Apa Saja Ciri-ciri pada Ikan Mas Koki (Goldfish)?

Mencari koki asli (spesies) saat ini terlihat sulit, kecuali di Jepang dan Cina, dua Negara yang rajin mengoleksi dan membudidayakan koki-koki aneh. Tetapi untuk apa spesies itu? Karena dari tubuhnya tak ada yang menarik selain warnanya yang merah menyala membentang dari pangkal ekor sampai leher.

Yang memukau dari koki ini ialah strain-strainnya yang sedikit pun tak mirip dengan aslinya. Menurut ilmuan Cina, Shinsan Chen, saat ini paling tidak ada 126 strain baru koki yang disulap dari aslinya dan tersebar di seluruh Dunia.

Di antara strain itu yang banyak banyak ditemukan dikalangan pembudidaya yang banyak penggemarnya ialah oranda, bertubuh gendut, punggung agak bogkok dan turun ke ekor dan kepala.

Varietas lain adalah fantail (ekor kipas). Bentuk tubuh masih gendut bulat dengan bentuk kepala yang lancip. Ynag menonjol dari ikan ini ialah warna tubuhnya yang merah cerah kecuali bagian perut merah kemilauan seperti emas.

Ada juga jenis mas koki yang dijuluki red cap, bentuknya seperti Oranda, bedanya ia memiliki ekor berbentuk kipas seperti fantail, berwarna putih bersih, kecuali kepala yang ditutupi leh warna merah (Red Cap).

Jenis koki yang ke-4 ini varietas chocolate (koki coklat), dinamai si coklat karena termasuk sirip semuanya berwarna coklat. sedangkan bentuknya tubuhnya berikut sirip, lebih dekat dengan varietas fantail, meski tidak sama betul.

Lima ialah jenis mas koki varietas bubble eye (koki mata balon), bentuk tubuhnya seperti koki oranda, hanya saja si mata balon ini tidk memiliki sirip punggung. Warna tubuhnya pun tidak merah menyala, tetapi oranye pada kepala sampai punggung, sementara sirip dan perut kuning pudar.

Ada juga jenis mas koki varietas teskop yang mana matanya mengarah ke atas seperti teleskop. Lalu yang patut juga disebut ialah mutiara, bertubuh bundar seperti bola kasti, bertotol-totol putih mengkilat seperti mutiara. Untuk mudahnya, orang pun menyebutnya ikan mas koki mutiara.