Apa cerita dibalik lukisan "Ali Sadikin Pada Masa Kemerdekaan" tahun 1978?

Lukisan “Ali Sadikin Pada Masa Kemerdekaan” diciptakan oleh Hendra Gunawan pada tahun 1978. Apa cerita dibalik lukisan ini? Dan tahukah Anda jika lukisan ini termasuk lukisan yang terjual dengan harga mahal?

sumber gambar:Sarasvati.co.id

Ali Sadikin Pada Masa Kemerdekaan, lukisan yang sangat signifikan dalam senarai karya Hendra Gunawan (1918-1983), secara eksplisit mengungkap efek revolusioner tindakan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin terhadap seniman bangsanya.

Selama masa pemerintahannya, sang gubernur legendaris itu memberi fasilitas dan dukungan bagi seniman pendatang baru guna mempromosikan karya mereka yang pada akhirnya, menjaga kekayaan budaya Indonesia.

Salah satunya, Hendra sendiri, yang selama di penjara dikirimi Bang Ali kanvas dan alat-alat lukis agar dapat terus melukis. Tersentuh akan tindakan pemimpin kharismatik itu, Hendra Gunawan menghadiahkan lukisan ini kepada Ali Sadikin sebagai ucapan terima kasihnya.

Ali Sadikin Pada Masa Kemerdekaan (1978) terjual di balai lelang Sotheby’s Hong Kong pada 5 Oktober 2014 seharga HK$33,24 juta atau setara Rp52,19 miliar dengan kurs rupiah tanggal tersebut.

1 Like