Apa Bedanya Pala dengan Kemiri?

Meskipun sama-sama dicampurkan dalam masakan, bumbu dapur ini punya beragam jenis rupa dan rasa.

Kenampakan: Bentuk, Warna, Ukuran, dan Tekstur
Yup, kenampakan pala dan kemiri berbeda satu sama lain. Kalaupun mirip, mungkin dari sisi warna dan bentuknya saja. Pala, atau lebih tepatnya biji pala, berbentuk agak lonjong dengan warna paling gelap dari dua rempah lain. Kira-kira sebesar jempol, tapi tidak sebesar telur puyuh. Terdapat kerutan di permukaan kulit biji pala.

Kemiri punya bentuk agak bulat dan memiliki bagian yang mencuat tumpul. Warnanya kuning keputihan dengan tekstur halus. Jika dibandingkan, biji pala sedikit lebih besar sedangkan kemiri punya bentuk yang lebih melebar.

Sensasi: Rasa dan Aroma
Untuk hal ini dijamin anda tak akan tertukar! Pasalnya, rasa dan aroma pala-kemiri sangat bisa dibedakan. Biji pala punya aroma harum yang khas. Aroma ini biasa anda kenali saat menyantap hidangan peranakan Timur Tengah seperti kari dan gulai. Rasa biji pala pun khas sekali yakni hangat dan agak pedas, meskipun tidak semencolok jahe.

Kemiri punya rasa yang jauh lebih tawar. Saat masih mentah, rasanya gurih mirip kacang tapi lebih khas. Namun, sebaiknya anda tidak makan kemiri mentah lebih dari sebutir. Kemiri mentah punya racun yang tak baik bagi tubuh

Referensi: