Apa bedanya bajing dengan tupai?

Apa bedanya bajing dengan tupai? apakah keduanya sama?

Berdasarkan hasil riset, para ahli menggolongkan tupai dalam garis keluarga Tupaiidae. Sedangkan bajing termasuk dalam garis keluarga Scuiridae.
Kalau kita amati dengan seksama, ternyata makanan keduanya juga berbeda, lo. Coba deh, kita perhatikan. Kalau bajing sukanya makan buah-buahan, seperti buah kelapa, mangga, pisang, durian, dan lainnya. Sedangkan tupai sukanya menyantap serangga.
Selain itu, dari bentuk moncongnya kita juga bisa membedakan mana tupai dan mana bajing. Moncong tupai agak memanjang, sedangkan bajing tidak
Bajing moncongnya pendek, tidak memanjang seperti tupai.

Bajing Musuh Petani
Di perkebunan, bajing dianggap musuh petani. Pernah dengar, kan, bajing yang merusak buah kelapa petani? Hewan pengerat ini suka melubangi buah kelapa untuk mengasah giginya agar tidak panjang. Yang bikin petani jengkel, buah kelapa tersebut tidak dimakan. Cuma digerogoti sedikit sampai berlubang, lantas bajing akan pindah dan melubangi buah yang lain. Oleh karena kelakuannya merusak buah kelapa petani, makanya petani kebun kelapa menganggap bajing sebagai hama dan harus diburu.

sumber:http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/Apa-Bedanya-Bajing-Dengan-Tupai