Apa beda antara Buaya, Aligator, dan Caiman?

Buaya

Buaya, Aligator, dan Caiman merupakan tiga jenis hewan yang berbeda. Meski berbeda, ketiga hewan itu punya banyak kesamaan. Apa beda antara Buaya, Aligator, dan Caiman ?

Saat melihat reptil raksasa ini, coba perhatikan mulutnya. Jika dilihat dari atas, mulut buaya bentuknya mirip huruf ā€œVā€. Jika aligator dan caiman, mulutnya akan terlihat seperti huruf ā€œUā€.

Rahang atas dan bawah milik buaya, punya ukuran yang sama besar. Saat menutup mulut, gigi yang ada di rahang atas dan bawah akan selang-seling. Kalau aligator dan caiman, rahang atasnya lebih besar daripada rahang bawahnya. Karena hal itu, saat aligator dan caiman menutup mulut, hanya gigi di rahang atas saja yang bisa terlihat.

Buaya punya kelenjar garam di mulutnya. Kelenjar ini bisa mengeluarkan garam berlebih yang ada di tubuh mereka. Berkat kelenjar ini, buaya bisa tahan di air asin atau air payau. Berkat kelenjar ini pula, buaya bisa bermigrasi menyeberangi lautan yang luas. Aligator dan caiman tidak punya kelenjar garam. Jadi, mereka tidak bisa bertahan terlalu lama di air laut atau payau.