Apa Bahayanya Jika Jerawat Tidak Diobati Sampai Tuntas?

Karena jerawat sudah jadi masalah kulit yang cukup umum, banyak orang menyepelekan pentingnya mengobati jerawat sampai tuntas. Padahal, ada macam-macam komplikasi jerawat yang mungkin menyerang bila malas atau tidak mau mengobati jerawat.

Muncul bekas jerawat
Bekas luka jerawat adalah salah satu komplikasi yang paling sering terjadi kalau Anda tidak mengobati jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, semakin lama jerawat ada di kulit, semakin besar pula risiko munculnya bekas luka jerawat. Jadi kalau Anda terlambat mengobati jerawat atau tidak mengobatinya sama sekali, jerawat Anda akan membekas. Sebab, kulit sudah punya sistem khusus sendiri untuk membersihkan jerawat dari wajah. Untuk membantu memperbaiki kerusakan jaringan akibat peradangan, kulit akan memproduksi kolagen.

Peradangan tambah parah
Malas mengobati jerawat bisa membuat peradangan semakin menyebar dan parah. Pasalnya, bakteri penyebab peradangan bisa dengan mudah menyebar ke area di sekitarnya. Karena itu, Anda harus mengobati jerawat sekaligus area di sekitarnya untuk mencegah peradangan menyebar.

Merasa tidak percaya diri, bahkan berlanjut depresi
Komplikasi jerawat yang juga tak kalah berbahaya adalah masalah kepercayaan diri. Anda mungkin jadi minder, malu, tidak percaya diri, atau stres berlebihan karena wajah berjerawat. Dalam beberapa kasus, jerawat bahkan bisa jadi salah satu pemicu depresi.

sumber: