Apa bahayanya anak yang menelan pasti gigi?

Selama menjaga kesehatan gigi dan mulut sang anak, tentunya kita harus mengajari mereka membersihkan gigi sejak usia dini. Namun, sayangnya hanya satu kebiasaan yang sulit mengajarkan anak yaitu membiasakan diri mereka agar tidak menelan pasta gigi, karena diusianya yang masih kecil, mereka masih sulit menahan makanan yang masuk ke dalam lidah atau mulutnya. lalu berbahayakah hal ini?

Seorang pakar kesehatan gigi drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes, Ph.D, Sp. KG, menyatakan kalau pasta gigi yang tidak sengaja tertelan oleh anak tidak akan berdampak apapun, asalkan anak menggunakan pasta gigi yang dibuat khusus bagi anak-anak, maka hal ini tidak berbahaya. Menurutnya, pasta gigi untuk anak-anak biasanya memiliki kadar fluoride yang rendah atau bahkan tidak memiliki kadar fluoride sama sekali sehingga cukup aman bagi kesehatan anak meskipun tertelan.

Meskipun aman, ada baiknya Anda sebagai orang tua juga tetap memberi tahu anak untuk tidak menelan pasta gigi. Selain itu, Moms juga harus memberikan pengarahan pada anak saat menyikat giginya agar hasilnya bisa benar-benar bersih, karena pada dasarnya anak gemar meniru, jadi kalau menyikat gigi Anda sudah benar, maka anak juga akan dengan mudah menerapkan menyikat gigi yang benar. Dengan melakukan teknik yang aman, maka anak pun akan terbiasa untuk tidak menelan pasta gigi serta dengan teknik yang benar bisa menghindari dari masalah gigi plak atau gigi kekuningan yang berasal dari sisa makanan.

Kalau anak masih saja tidak sengaja menelan pasta gigi, sebaiknya Anda menyikat gigi dengan sikat gigi saja agar lebih aman dan nyaman bagi si anak. Lalu, saat usianya sudah umur 5 tahun mulailah membiasakan anak menutrisi giginya dengan kandungan yang ada pada pasta gigi. Dan tetap ingat Moms, Anda harus terus mengawasi anak dalam menyikat gigi agar pasta gigi tidak sering tertelan secara tak sengaja.