Apa bahaya tidak membersihkan brush makeup?

brush makeup adalah alat untuk membantu dalam pengaplikasikan makeup. tetapi terkadang kita malas membersihkannya. apa efek sampingnya jika brush tidak dibersihkan?

Dampak buruk brush yang tidak dibersihkan bagi kulit diantaranya!

Jerawat
Kuas yang biasa Anda kenakan sehari-hari bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran, minyak, serta sisa make-up. Hal tersebut dapat menyumbat pori-pori yang memicu timbulnya jerawat dan iritasi pada kulit.

Hasil riasan wajah kurang maksimal
Kuas yang kotor dan tidak dibersihkan akan membuat hasil riasan wajah Anda menjadi kurang sempurna. Sebab kosmetik yang akan diaplikasikan pada wajah tidak menempel dengan baik pada kuas yang kotor.

Infeksi virus
Bahaya tidak membersihkan kuas make-up secara rutin dapat menyebarkan virus yang menyebabkan infeksi. Apalagi jika Anda kerap berbagi kuas dengan orang lain. Virus yang berasal dari flu atau penyakit lainnya akan membuat Anda sakit. Oleh karena itu, selalu bersihkan kuas atau spons make-up, terutama jika Anda baru sembuh dari sakit.

Pori-pori wajah tersumbat
Kuas yang kotor dan tidak dibersihkan akan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Jika dibiarkan berlarut-larut, bukan tak mungkin Anda akan mengidap milia. Milia berupa benjolan sangat kecil berwarna putih yang umumnya muncul pada bagian hidung, pipi, dan dagu.

Tumbuhnya jamur
Kuas yang jarang dibersihkan menjadi tempat yang nyaman bagi jamur untuk tumbuh.

Sumber: