Apa bahaya terlalu sering eminum soda bagi kesehatan gigi?

Minuman softdrinks sangat laku dikalangan masyarat terutama remaja, tapi apakah jika diminum secara terus-menerus dapat berbahaya bagi kesehatan gigi?

Soda bukan minuman yang baik karena menaikkan berat badan dan kadar gula dengan cepat. Minuman bersoda juga ternyata tidak baik bagi kesehatan gigi.

Dalam waktu tiga menit pertama, minuman bersoda mengikis email gigi 10 kali lebih banyak daripada jus buah. Erosi tersebut disebabkan oleh kandungan asam sitrat dan/atau asam fosfor di dalamnya. Kandungan tersebut bekerja dengan melemahkan email gigi terlebih dahulu sehingga berkontribusi terhadap timbulnya gigi berlubang. Kombinasi efek soda dengan pola menyikat gigi yang tidak teratur, perataan gigi, atau kondisi lainnya bahkan mampu membuat gigi lepas. Tak heran bila gejala yang terlihat adalah gigi yang menguning.

Konsumsi minuman bersoda telah meningkat drastis, terutama di antara anak-anak dan remaja. Berapa banyak anak sekolah yang mengonsumsi minuman bersoda? Diperkirakan satu dari dua hingga empat dari lima anak sekolah meminum paling tidak satu kaleng dalam satu hari. Satu dari lima anak meminum 4 porsi dalam sehari. Bahkan, beberapa remaja meminum 12 kaleng dalam sehari.

sumber : http://www.ivanhoesada.com/id/cetak/artikel/efek-soda-pada-gigi