Apa bahaya berolahraga pada malam hari ?


Banyak orang melakukan olahraga pada malam hari karena tidak memiliki waktu luang di pagi hari bahkan di sore hari, apakah kebiasan seperti itu baik untuk kesehatan tubuh ?

1. Berkurangnya daya tahan tubuh
Olahraga malam hari bisa membuat daya tahan tubuh berkurang, karena tubuh akan kehilangan begitu banyak energi tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Apalagi jika intensitas olahraga Anda tergolong berat atau yang membutuhkan tenaga yang banyak, seperti angkat beban atau berenang. Daya tahan tubuh yang lemah membuat Anda rentan terhadap beberapa penyakit, seperti flu atau demam.

2. Gampang sesak napas
Udara malam mengandung oksigen yang lebih sedikit dibanding pagi atau sore. Nah, berolahraga ketika kadar oksigen lingkungan sedang minim membuat Anda jadi gampang lelah dan kecapekan.

Pasalnya, kegiatan berolahraga membutuhkan banyak oksigen agar pernapasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Kekurangan oksigen saat berolahraga ini bisa memicu sesak napas setelahnya.

3. Sulit tidur
Berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur membuat Anda jadi sulit tidur. Sebetulnya hal ini bisa diatasi dengan tidak memaksakan olahraga terlalu berat. Jadikan kegiatan Anda berlatih kebugaran di malam hari ini menjadi olahraga yang santai dan menyenangkan.