Apa bahaya asam sitrat buat gigi?

Asam sitrat merupakan salah satu jenis asam yang memiliki organik lemah dan biasa ditemukan pada daun atau pada buah tumbuhan yang memiliki genus citrus. Asam sitrat biasanya dimanfaatkan pada industri makanan, unruk tambahan makanan ternak dan pada dunia farmasi. Meskipun asam sitrat memiliko berbagai manfaat baik dalam bidang industri makanan maupun bidang farmasi namun asam sitrat ini juga memiliki berbagai bahaya tersendiri, apa saja bahaya asam sitrat?

Bahaya asam sitrat pada gigi:

  1. Korosi pada gigi
    Mengkonsumsi asam sitrat yang berlebihan dapat menyebabkan korosi pada gigi . Berbagai makanan atau minuman yang memiliki asam konsentrasi tinggi dan ph awal yang rendah akan berdifusii kedalam email gigi melalui kisi kisi kristal dan menyebabkan gigi menjadi korosi. Untuk itu jangan mengkonsumsi asam sitrat secara berlebihan untuk menjaga kesehatan gigi anda. Bahaya dari asam sitrat salah satunya memang menyebabkan gigi mengalami korosi pada gigi, tetapi taukah kamu korosi pada gigi yang tidak segera ditangani dengan bener juga akan menimbulkan dampak buruk bagi si pemiliki gigi.

  2. Hilangnya ion dari gigi
    Selain terjadinya korosi pada gigi bahaya dari asam sitrat yang lainnya adalah membuat ion dari gigi menghilang. Hal ino terjadi ketika ph mulut mecapai dibawa titik kritis yaitu mencapai dibawah 5,5 dengan demikian terjadi hilangnya ion dari gigi kelingkugan dalam mulut. Meskipun asam sitrat ini sudah dibuktikan aman digunakan dalam makanan namun bagi annda yang menggunakan asam sitrat ini anda perlu berhati hati sebab asam sitrat juga dapat menimbulkan berbagai bahaya bahaya tertentu jika anda menggunakannya secara berlebihan.

  3. Mengakibatkan demeneralisasi permukaan gigi
    Bahaya asam sitrat yabg terakhir dalam pembahasan pada artikel ini adalah asam sitrat dapat menyebabkan demeneralisasi permukaan gigi, sehingga asam sitrat dapat merusak gigi anda. Untuk itu anda perlu membatasi penggunaan asam sitrat karena penggunaan asam sitrat yang berlebihan akan membuat gigi anda menjadi rhsak dan tidak terawat.

Sumber: https://halosehat.com/farmasi/kimia/bahaya-asam-sitrat