Apa bahasa yang ingin kamu pelajari dan kuasai?

Ada beragam manfaat yang bisa kita dapat jika mempelajari bahasa asing. Karenanya tidak sedikit anak-anak sekarang didorong untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris, ditambah ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran bahasa Mandarin, khususnya sekolah internasional. Beberapa dari kita pasti juga memiliki impian untuk menguasai beberapa bahasa asing. Aku pribadi ingin sekali mempelajari dan menguasai bahasa Belanda, Korea, Ibrani, dan Prancis, dan juga ingin menguasai bahasa dari asal ayahku, bahasa Nias. Untuk sekarang ini aku sedang mematangi kemampuanku di bahasa Inggris, dan sedikit sedikit mempelajari bahasa Belanda, Prancis, dan Ibrani.

Teman-teman sendiri, bahasa apa yang ingin kalian pelajari dan kuasai?

Untuk saat ini, saya menguasai dua bahasa selain bahasa ibu (bahasa Indonesia), yakni bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Untuk bahasa Mandarin sendiri memang saya cukup bisa menguasainya karena diajarkan kepada saya saat saya TK hingga SMA dan juga latar belakang keluarga saya terutama dari garis ayah yang memiliki keturunan Hokkian yang bisa dibilang menjadi faktor utama buat saya dalam menguasai bahasa Mandarin. Tetapi untuk saat ini, saya terbilang cukup jarang menggunakan bahasa Mandarin dan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk bahasa ingin saya pelajari dan kuasai, saya ada beberapa list-nya. Saya pribadi ingin mempelajari dan menguasai bahasa Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol serta mungkin lebih memperdalam bahasa Mandarin untuk bahasa asing-nya, karena merupakan bahasa - bahasa yang cukup banyak digunakan juga di dunia selain Bahasa Inggris. Kalau untuk bahasa daerah sendiri, saya lebih cenderung ingin mempelajari dan menguasai Bahasa Bali yang merupakan bahasa daerah Ibu saya. Ibu saya memang kebetulan berasal dari daerah Jembrana, Bali dan cukup sering menggunakan bahasa Bali untuk berbicara dengan saudara dan saudarinya.

1 Like

Kalo saya pertamabahasa indonesia, kedua bahasa inggris karena bahasa inggris termasuk bahasa internasional dan kebanyakan saat ini istilah istilah menggunakan bahasa inggris jadi harus lebih menguasai agar tidak salah memahami. Dan agar dapat lancar dalam ngobrol dengan orang orang yang menggunakan bahasa inggris

1 Like

Bahasa yang dari dulu memang saya ingin saya pelajari adalah bahasa Jepang dan Korea. Saat ini, bahasa asing yang saya sudah cukup mahir baru bahasa Inggris saja. Sejak tahun lalu saya mulai mempelajari bahasa Jepang Namun saya masih di tingkat pemula karena menurut saya, bahasa Jepang cukup sulit untuk diperlajari .

1 Like

Baik, saya akan membagikan bahasa apa yang ingin saya pelajari, bukan yang sudah dikuasai ya.

Sebelumnya, untuk bahasa yang saya kuasai dengan fasih saat ini ada dua yakni Bahasa Indonesia sebagai mother tongue dan Bahasa Inggris sebagai bidang keilmuan saya. Dahulu saat masih SD dan SMP saya juga pernah mempelajari Bahasa Sunda walaupun tidak begitu menguasai. Saat SMA saya belajar Bahasa Jepang dasar, hingga lancar menulis aksara hiragana dan katakana.

Nah untuk bahasa yang ingin saya kuasai, mungkin adalah bahasa Jerman. Mengapa? Karena bahasa Jerman memiliki kemiripan yang lumayan dekat dengan bahasa Inggris. Sebagai bahasa yang masih serumpun, ada banyak kemiripan vocabulary yang bisa ditemukan. Namun sepertinya saya agak kesulitan di compound words nya yang panjang-panjang.

Selain itu saya juga tertarik dengan bahasa Latin. Meskipun dikatakan sebagai bahasa mati, saya tetap tertarik karena bahasa ini juga memiliki kemiripan dengan bahasa Inggris. Sebagai penganut Katolik, saya juga sering bersinggungan dengan bahasa Latin dalam ibadat. Selain itu, bahasa Latin juga terdengar keren dan indah. It sounds cool despite of its status as a dead language.

1 Like

Kalau saya, bahasa yang ingin dipelajari diluar dari bahasa ibu (Bahasa Indonesia) ialah bahasa Inggris dan Korea. Saya sudah mempelajari bahasa Inggris dari sejak kecil dan pernah mengambil les untuk bahasa Inggris juga. Oleh karena itu, saya masih terus mempelajarinya agar lebih mahir lagi. Saya rasa penting untuk mempelajarinya karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Untuk bahasa Korea saya ingin mempelajarinya karena saya penggemar drama korea dan juga musik K-Pop, oleh karena itu, sangat seru mempelajari bahasanya.

1 Like

Untuk bahasa asing sendiri aku ingin mempelajari dan menguasai bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Perancis. Sebenarnya saat di bangku sekolah aku sudah pernah mempelajari keempat bahasa tersebut, namun kurasa masih kurang saja. Meskipun mulai SD sudah dibelajari bahasa Inggris, tetap saja sampai sekarang aku masih payah dalam menggunakan tenses yang tepat. Sementara bahasa Mandarin, Jepang, dan Perancis aku sudah lupa semuanya. Barang kosa kata dasar saja aku tidak bisa mengingatnya, dan lucunya buku-buku catatan dan latihan-latihan soalnya yang kudapat semasa sekolah sudah kubuang. Aku menyesal sekaliiii :sob:
Selain keempat bahasa asing tersebut, aku juga ingin lebih menguasai bahasa Jawa. Jujur saja, selama ini aku hanya paham dan bisa berbicara menggunakan ngoko! hehehe

1 Like