Apa Arti Water Resistant pada Jam Tangan? Simak Penjelasannya | Denvosi

Denvosi — Kalau kita membeli jam dengan fitur water resistant 30m, artinya jam itu bisa dipakai menyelam hingga kedalaman 30 meter, kan? Sayangnya, anggapan itu keliru! Walaupun keberadaannya sudah sangat familiar, tag water resistant pada jam tangan sebenarnya masih sering disalah pahami.

Padahal, jika salah mengerti, bisa-bisa jam tanganmu malah rusak karena digunakan di luar kemampuannya. Biar nggak lagi keliru, yuk pahami arti di balik informasi water resistant pada jam tangan yang sebenarnya.

Jam Tangan Denvosi dengan Fitur Water Resistant

Perbedaan antara jam tangan Denvosi dengan jam tangan lainnya adalah produk yang dibeli dapat ditukar dengan jenis lain dalam waktu 3 tahun. Anda hanya membayar selisihnya.

Cocok untuk Anda yang ingin mengganti jam tangan untuk acara formal seperti undangan atau acara informal seperti rapat.

Jam tangan Denvosi tahan air dan ramah lingkungan. Cuci tangan dan wajah terlebih dahulu, tidak perlu ketinggalan satu jam pun.

Anda dapat membersihkan arloji Anda dengan sikat gigi yang dibasahi dengan air. Bersihkan kotak logam dan tali, lalu keringkan dengan kain lembut.

Garansi 12 bulan dan layanan pelanggan tersedia. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mengganti jam tangan dengan model terbaru.

Apa Sih Water Resistant pada Jam Tangan Itu?

Water resistant pada jam tangan adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besarnya tekanan yang bisa ditahan jam tersebut saat dimasukkan ke kedalaman air tertentu, tanpa kehilangan akurasi atau merusaknya.

Dikatakan angka ketahanan air pada jam tangan sebenarnya tidak sama dengan angka kedalaman air, oleh karena itu jam tangan dengan rating ketahanan air 30 meter sebenarnya tidak bisa digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 30 meter.

Untuk menentukan ketahanan air, jam tangan diuji di bawah kondisi air statis pada suhu tertentu, yang mewakili kedalaman tertentu. Tetapi ini tidak berarti bahwa jam tangan tersebut benar-benar diuji secara mendalam.

Oleh karena itu, informasi waterproof tidak boleh diartikan secara harfiah sebagai kemampuan “water-proof”. Adanya gerakan air, gelombang dan benda-benda di laut nyata dapat meningkatkan tekanan di luar uji air statis.

Untuk memahami unit tahan air yang biasa digunakan pada jam tangan, para pecinta jam tangan sejati pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah BAR atau ATM.

Faktanya, kedua simbol ini adalah unit yang paling umum untuk menunjukkan tingkat ketahanan air dari sebuah jam tangan. Ada juga jam tangan dengan tanda ISO 6425. Jadi, apa arti dari setiap peringkat tahan air?

ATM: Singkatan dari tekanan atmosfer, yang menunjukkan resistensi jam tangan terhadap tekanan udara. Semakin tinggi angkanya, semakin tahan jam tangan terhadap tekanan udara di perairan dalam.

BAR: Unit ini juga digunakan untuk menunjukkan nilai resistansi jam tangan di dalam air tanpa mempengaruhi fungsi dan akurasinya.

ISO 6425: Ini adalah standar resmi untuk jam tangan selam. Jika jam tangan Anda ditandai dengan tanda ISO 6425, berarti jam tangan tersebut cocok untuk menyelam profesional.

Jam yang sudah memenuhi standar ISO 6425 pasti juga sudah dibekali dengan fitur ketahanan khusus terhadap significant shock, medan magnet, toleransi terhadap air asin, sampai indikator kerja di kondisi gelap total di laut dalam.

1 ATM = 1 BAR = 10 METER

PENTING! Ini Arti Water Resistant pada Jam Tangan yang Sebenarnya

Nah, ini dia bagian paling penting dari artikel arti water resistant pada jam tangan yang bisa ‘menyelamatkanmu’ dari kesalahpahaman. Setelah tahu kalau label water resistant ternyata tidak bisa diartikan secara gamblang sebagai kedalaman air yang bisa ditahan jam, lalu apa dong maksudnya info 3 ATM, 5 ATM, 10 ATM, dst?

1. Water Resistant 3 ATM/3 BAR/30 Meter

Kalau jam tanganmu punya label water resistant 30 meter, jangan sekali-sekali digunakan menyelam di kedalaman 30 m. Hal ini karena jam tangan tahan air ini sebenarnya memiliki rating toleransi air yang paling rendah. Jam tangan dengan 3 ATM/3 BAR hanya dapat menahan sedikit air, misalnya Semprotan air, gunakan untuk mencuci atau hujan ringan. Jam tangan dengan daya tahan seperti itu tidak bisa digunakan untuk mandi, apalagi untuk berenang.

2. Water Resistant 5 ATM/5 BAR/50 Meter

Jika jam tangan Anda memiliki ketahanan air sebesar 5 ATM/5 BAR, Anda dapat beristirahat dengan tenang. Karena tahan air jam tangan ini dapat menahan tekanan air dalam jumlah yang sangat besar.

Dengan daya tahan 50 meter, jam tangan ini sudah bisa digunakan untuk mandi, berenang dan tahan hujan deras atau deras. Meskipun jam tangan sudah tua, tetap berada di dalam air dalam waktu lama saat berenang dapat menyebabkan kerusakan.

3. Tahan air 10 ATM/10 BAR/ 100 meter

Jam tangan yang memiliki peringkat tahan air 100 meter, dapat digunakan dalam air untuk waktu yang lama tanpa masalah. Selama waktu ini Anda dapat menikmati aktivitas seperti berenang dalam atau snorkling.

Namun, ketahanan air 10 ATM/10 BAR masih tidak disarankan untuk digunakan dalam aktivitas yang melibatkan tekanan tinggi, seperti berenang. B. Menyelam, terutama jika untuk waktu yang lama.

4. Tahan air 20 ATM/ 20 BAR/ 200 meter

Meskipun jam tangan menyelam banyak sekali, tahan air hingga 200 meter tidak terlalu menunjukkan standar jam tangan selam. Tahan air pada 20 ATM / 20 BAR dapat digunakan untuk penyelaman kedalaman dangkal dan sedang tetapi tidak direkomendasikan untuk penyelaman laut dalam. Jam tangan dengan fitur ini cocok untuk olahraga, snorkling, dan menyelam. Bisa juga digunakan untuk menyelam, asalkan waktunya tidak terlalu lama.

5. Tahan air 30 ATM/ 30 BAR/ 300 meter — 100 ATM/ 100 BAR/ 1000 meter

Jika Anda memang ingin mencari jam tangan untuk kegiatan menyelam profesional, maka carilah jam tangan dengan ketahanan air minimal Ada 30 ATM. / 30BAR. Dengan peringkat ketahanan air 300 meter hingga 1000 meter, jam tangan ini dapat menahan tekanan air dalam.

Bahkan jika Anda belum memenuhi kualifikasi ISO 6425, dengan jam tangan yang tahan air hingga 300–1000 meter, Anda dapat menikmati semua jenis olahraga air berdampak tinggi, mulai dari berenang hingga menyelam dalam.

Namun tentunya akan lebih baik jika jam tangan dengan ketahanan air yang tinggi juga dilengkapi dengan standar ISO 6425. Mulai sekarang gunakan fungsi tahan air pada jam tangan sesuai standar kapasitasnya ya. FYI, ketahanan air jam tangan tidak konstan.

Seiring bertambahnya usia, segel di sekitar mahkota, bezel, dan casing dapat mengendur dan mengurangi ketahanan air. Jadi jika jam tangan Anda sudah tua, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi jam tangan sebelum digunakan untuk aktivitas air apapun. ***