Apa arti penting lingkungan bagi kehidupan?

lingkungan
Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi alam juga mempunyai keterbatasan. Pada saat manusia belum berkembang sebanyak sekarang, keseimbangan antara kebutuhan manusia dan ketersediaannya boleh dikatakan tidak ada masalah. Namun pada saat terjadi ledakan penduduk, manusia mulai menyadari bahwa alam tidak selamanya dapat menyediakan segala bentuk kebutuhan manusia. Lingkungan hidup memiliki arti penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, apa saja kah itu?

  • Lingkungan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena lingkungan merupakan daya dukung kehidupan. Oleh sebab itu, makhluk hidup tak akan bisa dipisahkan dari lingkungannya.

  • Lingkungan meliputi segenap unsur biotik dan abiotik. Lingkungan menjadi tempat makhluk hidup mencari makanan. Dan khusus bagi manusia, lingkungan merupakan tempat untuk melakukan aktifitas sosial, politik, ekonomi, budaya dan lain lain. Lingkungan merupakan habitat yang menjadi wahana bagi kelanjutan kehidupan.

  • Lingkungan memiliki sifat sebagai daya dukung atau daya sokong terhadap kehidupan, dan untuk bertahan di dalamnya, makhluk hidup melakukan adaptasi.