Apa arti Helicobacter Pylori pada kedokteran?


Dalam kedokteran terdapat kamus Helicobacter Pylori. Apakah artinya di dalam kamus kedokteran? Berikan jawaban dibawah!

Rangkaian tes Helicobacter pylori digunakan untuk mendeteksi infeksi Helicobacter pylori (H. pylori) di dalam perut dan bagian atas usus halus (usus dua belas jari/duodenum). H pylori dapat menyebabkan tukak lambung. Namun demikian, kebanyakan orang yang memiliki H. pylori di dalam sistem pencernaannya tidak mengalami tukak.

Terdapat empat tes yang digunakan untuk mendeteksi H. pylori:

  • Tes antibodi darah. Tes darah untuk melihat apakah tubuh Anda telah membuat antibodi terhadap bakteri H. pylori. Apabila Anda memiliki antibodi terhadap H. pylori di dalam darah artinya Anda sedang terinfeksi atau pernah terinfeksi sebelumnya.
  • Tes napas urea. Tes napas urea memeriksa apakah Anda memiliki bakteri H. pylori di dalam perut. Tes ini dapat menunjukkan apabila Anda memiliki infeksi H. pylori. Tes ini juga dapat digunakan untuk melihat apakah pengobatan telah berhasil dilakukan untuk menghilangkan H. pylori.
  • Tes antigen feses. Tes antigen feses memeriksa apakah substansi yang memicu sistem imun untuk melawan infeksi H. pylori ada di dalam feses. Tes ini mungkin juga dilakukan untuk mendukung diagnosis infeksi H. pylori atau untuk mencari tahu apakah pengobatan untuk infeksi H. pylori telah berhasil.
  • Biopsi perut. Sampel kecil diambil dari lapisan perut dan usus halus saat melakukan endoskopi. Beberapa tes yang berbeda dapat dilakukan pada sampel biopsi.

Sumber : hellosehat.com

https://hellosehat.com/kesehatan/tes-kesehatan/helicobacter-pylori/