Apa arti dari dimensi Value?

Warna memiliki tiga dimensi, diantaranya ialah dimensi hue, value dan chrome. Dimensi value sendiri merupakan dimensi kedua menurut teori professor Munsell yang harus diketahui. Apa yang dimaksud dengan dimensi value?

Dimensi Value

Dimensi value adalah kualitas yang membedakan warna terang dari yang gelap.

Dalam hal ini dapat dicatat bahwa jika pada dimensi pertama(dimensi Hue) tidak memberi tahu mengenai apakah warna itu terang atau gelap. Pada dimesi ini kita akan mengetahui tentang gelap-terang dari warna. Misalnya, jika ada warna yang tidak merah dan tidak hijau, maka kita dapat mengetahui bahwa mungkin ada merah terang dan merah gelap, dan itu merupakan fungsi dari dimensi value. Dimensi ini memberi tahu kita bagaimana terang atau seberapa gelap warna yang diberikan mungkin menjadi.

value
Sumber gambar:Munsell.com

Untuk tujuan ini kita membutuhkan skala Nilai, yang dapat kita bayangkan sebagai kutub vertikal, atau sumbu ke lingkaran Warna, hitam di ujung bawah, yang menunjukkan tidak adanya cahaya total, dan putih di bagian atas, mewakili cahaya murni, dan antara sejumlah divisi abu-abu, secara teratur dinilai antara hitam dan putih.

Referensi: