Apa anti-produk roadmap Anda?

Dalam diskusi saya dengan para pendiri pada peta jalan produk, sebagian besar percakapan berpusat di sekitar pandangan timeline di mana fitur-fitur baru akan ditambahkan ke produk. Pada akhir diskusi ini, satu pertanyaan yang sering saya tanyakan kepada diri saya adalah: Apa anti-produk roadmap Anda?

Kebanyakan peta jalan menyajikan pandangan satu sisi dari fitur-fitur baru yang sedang dibangun. Pemikiran yang biasa: lebih banyak fitur = lebih banyak keterlibatan = lebih banyak pendapatan. Yang benar adalah bahwa hampir tidak ada hubungan linear antara sejumlah fitur dan keterlibatan. Produk adalah permainan hits - fitur yang sukses jauh dan sedikit tetapi mereka menghasilkan langkah perubahan dalam keterlibatan, dan mereka adalah yang paling penting untuk membangun. Akibat wajarnya adalah bahwa sebagian besar fitur baru tidak akan memindahkan jarum, dan penting untuk menyingkirkannya. Rencana untuk menghapus fitur yang ada adalah apa yang saya sebut roadmap anti-produk.

Ada beberapa keuntungan untuk mengikuti pendekatan ini:

Kesederhanaan: Produk paling sukses di dunia adalah fanatik tentang memiliki pengalaman pengguna yang bersih (Whatsapp, Dropbox, Snapchat). Terlalu banyak pilihan menciptakan kebingungan dan frustrasi pengguna yang mengarah ke corong konversi bocor. Produk sederhana yang ditargetkan adalah tanda tim yang memahami penggunanya.
Mengurangi kerumitan teknis: Lebih banyak fitur berarti lebih banyak waktu pengembangan yang dihabiskan untuk pemeliharaan. Penambahan baru pada produk akan merusak fitur yang ada, kasus pengujian akan menjadi lebih lama dan lebih kompleks, dan kode refactors akan lebih sering dibutuhkan. Untuk banyak produk matang, tidak jarang 50% + waktu pengembangan dihabiskan untuk pemeliharaan.
Kemungkinan lebih tinggi dari keberhasilan fitur baru: Konsekuensi yang sering terlihat dari fitur-fitur baru yang ditambahkan ke produk yang sudah ada adalah bahwa fitur-fitur baru ini terdegradasi ke latar belakang karena fitur yang ada mengambil semua real estat utama. Ini mengarah ke penemuan lebih rendah dan kemungkinan lebih rendah dari mendorong keterlibatan pengguna
Budaya eksperimentasi: Setiap perusahaan yang tumbuh sehat memiliki lebih banyak ide daripada bandwidth-to-build. Untuk memaksimalkan throughput ide dan keluar dari kompetisi, tim produk harus bertujuan untuk mengeluarkan ide-ide ke sebagian kecil pengguna dengan cepat dan mendapatkan data penggunaan sebelum memutuskan apakah akan menyertakan fitur untuk semua pengguna. Facebook telah mengubah halaman profil pengguna beberapa kali selama beberapa tahun terakhir, menyingkirkan fitur lama untuk memberikan yang baru (ingat fitur lama seperti stiker, kutipan favorit, atau hadiah?)
Jika saya meyakinkan Anda bahwa itu sama pentingnya untuk mengambil fitur dari produk Anda, pertanyaan implisit adalah yang mana. Latihan yang menyenangkan yang saya lakukan secara berkala di Dropbox adalah membuat matriks yang menggambarkan fitur pada dua sumbu: berapa banyak pengguna aktif yang menggunakan fitur tertentu, dan seberapa sering fitur tersebut digunakan.


Sasaran dari latihan ini adalah untuk mengidentifikasi fitur yang digunakan oleh sebagian kecil pengguna dan tidak penting bagi pengguna tersebut. Kuadran kiri bawah adalah kumpulan kandidat awal yang besar untuk menargetkan penghapusan karena ini tidak masalah bagi cukup banyak pengguna dan tidak terlalu penting bagi sebagian kecil pengguna. Sukses adalah memiliki sebanyak mungkin fitur duduk di kuadran kanan atas.

Saat Anda melakukan latihan ini, penting untuk diingat bahwa tidak semua pengguna sama; Anda mungkin ingin membuat jaringan serupa untuk pengguna berbayar atau pengguna daya saat Anda menentukan dampak penghapusan fitur yang ada.

Latihan ini membuka mata saat pertama kali saya melakukannya. Dari percakapan yang saya ikuti, saya belajar bahwa memiliki daftar fitur di blok memotong sering membuat diskusi yang lebih bijaksana, beropini, dan lebih luas tentang bagaimana sebuah produk harus berevolusi daripada roadmap produk khas.