Apa ancaman yang dihadapi Penyu dan upaya pelestarian Penyu?

penyu unyu

Penyu betina akan bertelur pada pulau tempat ia ditetaskan. Namun seiring perkembangan zaman pulau-pulau tempat ia bertelur menjadi pulau yang dihuni manusia. Hal ini tentu bukan hal baik bagi Penyu sebab maraknya perburuan telur penyu serta dagingnya. Apa ancaman yang dihadapi Penyu dan upaya pelestarian Penyu?

1 Like

Ancaman dan Permasalahan Penyu


Keberadaan penyu, baik di dalam perairan maupun saat bertelur ketika menuju daerah peneluran banyak mendapatkan gangguan yang menjadi ancaman bagi kehidupannya. Permasalahan-permasalahan yang dapat mengancam kehidupan penyu secara umum dapat digolongkan menjadi ancaman alami dan ancaman karena perbuatan manusia. Penyu laut telah mengalami penurunan yang dramatis dalam jumlah populasi dalam jangka waktu terakhir ini. Bahkan beberapa spesies terancam kepunahan dalam waktu yang dekat. Di alam, tukik yang baru menetas menghadapi ancaman kematian dari hewan-hewan seperti kepiting, burung, dan reptilia lainnya seperti biawak. Ancaman yang paling besar bagi penyu di Indonesia, seperti juga halnya di seluruh dunia, adalah manusia. Penangkapan penyu untuk diambil telur, daging, kulit, dan cangkangnya telah membuat populasi penyu berkurang.

Di beberapa negara, penduduk masih mengambili telur penyu untuk dikonsumsi. Telur-telur itu dapat ditemui di pasar. Penyu hijau termasuk penyu yang sering dimanfaatkan secara berlebihan (over eksploitasi) oleh penduduk Indonesia. Mereka dibunuh untuk diambil dagingnya. Bali merupakan konsumer terbesar penyu laut. Mereka menggunakan penyu dalam upacara-upacara adat mereka. Ribuan penyu telah terbunuh untuk memenuhi permintaan pasar di Bali. Gangguan atau ancaman alami yang setiap saat dapat mengganggu kehidupan
penyu antara lain :

  1. Pemangsaan (predator) tukik, baik terhadap tukik yang baru keluar dari sarang (diantaranya oleh babi hutan, anjing-anjing liar, biawak dan burung elang) maupun terhadap tukik di laut (diantaranya oleh ikan cucut).

  2. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

  3. Pencemaran lingkungan perairan seperti minyak bumi yang keluar dari dasar laut yang mengakibat kehidupan penyu dilaut terancam.

  4. Gempa bumi yang terjadi di laut akan mengakibatkan penyu tidak mau melakukan perkawinan.

  5. Perubahan iklim yang menyebabkan permukaan air laut naik dan banyak terjadi erosi pantai peneluran sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap berubahnya daya tetas dan keseimbangan rasio kelamin tukik.

Sedangkan gangguan atau ancaman karena perbuatan manusia yang setiap saat dapat mengganggu kehidupan penyu antara lain :

  1. Tertangkapnya penyu karena aktivitas perikanan, baik disengaja maupun tidak disengaja dengan berbagai alat tangkap, seperti tombak, jaring insang, rawai panjang dan pukat.

  2. Penangkapan penyu dewasa untuk dimanfaatkan daging dan cangkang. Pengambilan telur-telur penyu yang dimanfaatkan sebagai sumber protein.

Upaya Pelestarian Penyu

–

  1. Dibuatnya peraturan UU tentang penyu Dengan dibuatnya peraturan–peraturan tentang penyu kepada masyarakat terutama nelayan yang aktivitas–aktivitas sehari–harinya berada di laut agar tidak melakukan penangkapan terhadap penyu baik telur atau penyu tu sendiri.

  2. Tidak mengkonsumsi penyu Selain tidak menangkap kita juga jangan mengkonsumsi baik daging atau telurnya, kita bisa menggantikan lauk makanan dengan sayuran atau ikan-ikan yang banyak dan mudah kita dapat.

  3. Tidak membuang sampah (plastik) dilaut Pembuangan sampah plastik dilaut dapat mengancam keselamatan penyu. Apabila termakan oleh penyu, dapat menyebabkan kematian bagi penyu.

  4. Melakukan penangkaran yujuan melakukan pengkaran yaitu untuk memberikan pelestarian dan perlindungan agar penyu – penyu terhindar dari kepunahaan.

Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia


Meski sudah ada Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pelestarian Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang melindungi semua jenis penyu, perburuan terhadap hewan yang berjalan lamban ini terus berlanjut. Karena itulah, untuk mencegah kepunahan penyu, terutama penyu hijau, beberapa negara telah melindungi tempat bertelur penyu dan melakukan penangkaran. Berikut adalah tempat penangkaran penyu di Indonesia :

  1. Pengangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.
  2. Penangkaran Penyu Pangumbahan, Sukabumi, Jawa Barat.
  3. Penangkaran Penyu Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat.
  4. Penangkaran Penyu Deluang Sari, Tanjung Benoa.
  5. Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach, Bangka Belitung.
  6. Penangkaran Penyu di Pulau Serangan, Bali.
  7. Penangkaran Penyu Batu Hiu, Pangandaran, Jawa Barat.
  8. Penangkaran Penyu Sukamande, Banyuwangi, Jawa Timur.
  9. Penangkaran Penyu Tanjung Belimbing, Kalimantan Barat.
  10. Penangkaran Penyu Pariaman, Sumatera Barat.
  11. Penangkaran Penyu karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.
  12. Penangkaran Penyu Pantai Sukamade, Banyuwangi, Jawa Timur.
  13. Penangkaran Penyu Abun, Papua Barat.
1 Like