Apa alat musik tradisional yang berasal dari provinsi Bali?

svg

Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Ibu kota Provinsi Bali adalah kota Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Bali dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Alat Musik Tradisional dari Provinsi Bali diantaranya adalah Gamelan Bali, Rindik, Ceng Ceng, Pereret, Genggong

Alat musik tradisional Bali terdiri dari GamelanBali, Rindik, Ceng-ceng dan Pereret Pengasih-asih.

  • Musik Tradisional Rindik Bali pada umunya digunakan pada upacara perkawinan untuk menyambut para undangan yang datang. Musik Tradisional Rindik Bali disandingkan dengan tarian yang bernama Joged Bumbung. Penari yang memainkan tarian Jogged Bumbung adalah wanita. Ciri khas tarian Joged Bumbung adalah mengajak penonton untuk ikut menari dan setelah selesai menari penonton memberikan uang kepada penari Joged Bumbung. Musik Tradisional Rindik Bali juga digunakan untuk menyambut dan menghibur tamu di hotel-hotel yang ada di Bali.

  • Gamelan Bali mempunyai karakter kuat, yang paling menonjol adalah ritme musik yang cepat, hal ini dikarenakan gamelan Bali mempunyai perangkat yang berbentuk seperti cymbal berukuran kecil yang disebut Ceng-Ceng. Ceng-Ceng inilah yang berbunyi nyaring dan dimainkan dengan cepat, dan membuat gamelan Bali berbeda dengan gamelan Jawa.