Apa alat musik tradisional apa saja yang berasal dari provinsi Sumatera Selatan?

Alat musik tradisional

Apa alat musik tradisional apa saja yang berasal dari provinsi Sumatera Selatan?

1. Burdah atau Gendang Oku

Alat Musik Tradisional Sumatra Selatan

Burdah atau Gendang Oku adalah alat musik sejenis gendang yang berukuran besar terbuat dari kulit hewan dan kayu nangka. Dikarenakan alat musik burdah ini pertama kali ditemukan dalam budaya masyarakat OKU atau Ogan Komering Ulu, maka tidak sedikit orang yang menyebut alat musik ini dengan sebutan Gendang Oku.

Biasanya burdah dimainkan dalam sebuah acara-acara adat sebagai alat musik ritmis. Cara memainkannya pun mudah yaitu cukup dengan ditepuk bagian kulit membrannya dengan menggunakan telapak tangan.

Acara yang sering memainkan burdah misalnya, Dalam upacara pernikahan, latihan pencak silat, atau disaat ada upacara adat Palembang kita akan dengan mudahnya menemukan alat musik burdah ini.

2. Tenun

Alat Musik Tradisional Sumatra Selatan

Dinamakan tenun karena memang alat musik ini dahulunya sering dimainkan disaat para wanita sedang mengerjakan tenunan kain. Alat musik ini merupakan sarana hiburan dan pelipur rasa bosan bagi para wanita yang sehari-hari bekerja menenun kain. Cara memainkannya pun cukup mudah yaitu dengan cara memukulkan kayu pada bagian-bagian tertentu yang menghasilkan nada-nada berbeda.

3. Gambus

Alat Musik Tradisional Sumatra Selatan

Alat musik gambus memang lebih banyak dikenal sebagai alat musik tradisional asal Riau. Namun dengan hal ini bukan berarti alat musik ini tidak dimainkan oleh masyarakat suku Melayu di Palembang Sumatera Selatan. Gambus Palembang dibuat dari kayu dengan memiliki enam dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Selain dapat berfungsi sebagai alat musik yang beraliran melodis, gambus ini juga bisa berfungsi sebagai alat musik harmonis.

4. Kenong Basemah

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Suku Basemah di bagian Barat Provinsi Sumatera Selatan, khususnya di sekitar daerah Pagar Alam, juga mempunyai sebuah alat musik yang unik dengan nama Kenong Basemah. Bentuk dari Kenong basemah sama seperti kenong pada umumnya tapi dengan ukurannya yang lebih kecil. Alat musik yang terbuat dari bahan tembaga ini dimainkan bersama gamelan dan berfungsi juga sebagai alat musik melodis. Ia akan menghasilkan suara mengiang saat bagian atasnya dipukul menggunakan alat pemukul yang dibuat khusus.

5. Terbangan

Alat Musik Tradisional Sumatra Selatan

Setelah masuknya budaya Islam yang dibawa oleh masyarakat Melayu Aceh, masyarakat Sumatera Selatan juga memiliki alat musik jenis baru yang umumnya lebih dikenal dengan nama rebana. Alat musik yang mirip rebana ini, kemudian oleh masyarakat Palembang diberi nama Terbangan. Terbangan terdiri dari 4 buah rebana dan dimainkan bersama serunai saat syukuran, acara khitan, atau upacara pernikahan adat Palembang.

6. Genggong

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Alat musik tradisional Sumatera Selatan yang ini bernama Genggong. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara ditiup. Genggong dapat dibuat dari macam-macam bahan, seperti pelepah enau, bilah bambu, atau dari logam. Yang mengatur nada pada genggong adalah tangan dan getaran lidah saat menipukah geggong…

7. Kolintang

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Kolintang adalah alat musik tradisional Sumatera Selatan yang merupakan susunan logam kecil yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang dibuat khusus. Alat musik ini sering dimainkan oleh masyarat suku Komering pada saat upacara adat dan juga pertunjukan seni tradisional. Kolintang di daerah lain di Indonesia mempunyai nama yang beragam, misalnya di Riau, alat musik ini disebut dengan nama Talempong atau Calempong.

8. Seruling

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Alat musik ini terbuat dari potongan bambu. Seruling juga termasuk jenis alat musik tiup melintang (transverse flute) yang memainkannya secara horizontal, salah satu ujung dari seruling diberi penyekat, dilengkapi dengan enam lubang nada dan satu lubang yang berguna untuk meniup. Seruling ini dapat dimainkan baik secara tunggal maupun secara berkelompok dengan alat musik lainnya. Permainannya dapat beriring dengan senada untuk mengiringi lagu-lagu daerah dan lagu-lagu yang mengungkapkan perasaan yang ada di hati.

9. Marawis

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Alat musik ini terbuat dari kayu, kulit binatang dan juga tali. Alat musik ini seperti gendang berkepala ganda namun berbadan pendek dan biasanya dimainkan sebagai pengiring lagu dengan nuansa Islam saat acara keagamaan, selain itu juga dimainkan untuk mengiringi tarian zapin.

Ringkasan

https://ibnuasmara.com/alat-musik-tradisional-3/

Sumatera Selatan terdapat 14 alat musik tradisional yang ada di setiap Kabupatennya

No Nama Alat Asal Daerah
Musik
1 Kromong Musi Rawas dan
Muara Enim
2 Kenong Tanjung Sakti
3 kulintang Martapura
4 Gamelan OKI dan Prabumulih
5 Gitar Tunggal Sumatera Selatan
6 Serdam Tanjung Sakti dan
Pagar Alam
7 Suling Musi Rawas
8 genggong Pagar Alam
9 Terbangan/ Palembang
Rabana
10 Gambus Suku Melayu Sumsel
11 Burda OKU
12 Gong Palembang
13 Tenun Palembang
14 Acordion Palembang