Apa alat dan teknik yang dibutuhkan untuk perform qualitative risk analysis process?

Perform qualitative risk analysis merupakan proses prioritasi risiko untuk analisis atau tindakan lebih lanjut dengan menilai dan menggabungkan kemungkinan terjadinya dan dampak yang ditimbulkan. Manfaat utama dari proses ini adalah memungkinkan manajer proyek untuk mengurangi tingkat ketidakpastian dan fokus pada risiko prioritas tinggi.

fig11-8

Memberi nilai prioritas pada resiko-resiko proyek untuk dijadikan dasar analisa dan tindakan selanjutnya dengan cara melakukan asesmen dan menggabungkan peluang munculnya resiko dengan dampaknya. Berikut alat dan teknik yang dibutuhkan :

  1. Select Risk Characteristics
    Alat analisis risiko kualitatif menyediakan cara untuk membedakan risiko-risiko yang penting untuk direspon atau analisis lebih lanjut dari orang-orang yang kurang penting. Kebanyakan alat menilai pentingnya risiko dari kombinasi probabilitas terjadinya dan tingkat dampak pada tujuan.

  2. Collect and Analyze Data
    Penilaian risiko individu berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Oleh karena itu, pengumpulan data dan alat evaluasi, termasuk wawancara, workshop, dan referensi ke database dari proyek sebelumnya, memerlukan dukungan manajemen dan perhatian.

  3. Prioritize Risks
    Beberapa alat mengizinkan membedakan prioritas risiko dalam hal tujuan yang terkena. Teknik untuk menciptakan keseluruhan ukuran prioritas risiko harus didokumentasikan dalam Plan Risk Management process.

  4. Categorize Risk Causes
    Mengkategorikan risiko dengan tepat dapat menyebabkan peningkatan analisis probabilitas dan besarnya risiko proyek dengan tanggapan yang efektif. Memahami hubungan antara risiko dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dari probabilitas dan besarnya risiko proyek daripada jika risiko hanya dianggap sebagai peristiwa terpisah dan independen.

  5. Document Results
    Informasi-informasi biasanya disimpan di dalam risk register yang sangat mudah untuk digunakan dan diperbarui dengan informasi baru.

Referensi :