Apa Alasan Menjadi Seorang Vegetarian?

vegetarian
Dengan pertimbangan yang ada, menjadi vegetarian atau non vegetarian menjadi alasan tersendiri bagi setiap individu. Apa Alasan Menjadi Seorang Vegetarian ?

1 Like

Alasan Menjadi Vegetarian

Pilihan masing-masing individu memang berbeda, ada yang memilih menjadi vegetarian ada juga yang memilih menjadi non vegetarian dengan alasan tertentu. Beberapa alasannya antara lain:

  • Alasan kesehatan, ini merupakan alasan utama bagi sebagian orang saat mereka memilih gaya hidup sebagai vegetarian. Menurut mereka dengan menjadi seorang vegetarian, berarti sudah mengurangi resiko penyakit ringan, seperti sembelit dan wasir. Maupun penyakit berat seperti jantung, kanker, dan stroke. Selain itu, pola makan seorang vegetarian juga dapat mencegah obesitas karena secara tidak langsung penganutnya sudah berdiet secara alami.

  • Alasan lingkungan, hal ini dikarenakan untuk tujuan konservasi energi, air, tanah, dan tanaman sehingga ekologi tetap terjaga dan untuk perlinfungan binatang. Di negara maju, sebagian besar remaja umumnya memilih alasan ini untuk menjadi vegetarian.

  • Alasan finansial, harga bahan pangan nabati relatif murah dan terjangkau dibandingkan pangan hewani. Dengan begitu, pengeluaran untuk belanja akan lebih hemat dan biaya untuk ke dokter juga semakin sedikit. Di Inggris, premi asuransi untuk orang yang menjadi vegetarian lebih kecil dibandingkan orang non vegetarian. Hal ini dipahami karena para vegetarian memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih rendah daripada para pemakan daging.

  • Alasan spiitual, ada beberapa agama di dunia yang menganjurkan umatnya untuk menjadi seorang vegetarian. Seseorang tidak diperbolehkan membunuh makhluk bernyawa untuk alasan apapun, apalagi untuk kepentingan orang yang bersangkutan.

  • Alasan fisiologis tubuh manusia, adanya keyakinan bahwa manusia tidak diciptakan untuk mengkonsumsi daging merupakan alasan terkuat seseorang memilih untuk menjadi vegetarian. Hal ini dibuktikan dengan bentuk anatomi tubuh manusia dan fungsinya dibandingkan dengan anatomi dan fungsi tubuh hewan karnivora dan herbivora. Jika dibandingkan ternyata antara manusia dan hewan pemakan rumput maupun buah-buahan memiliki banyak kesamaan, terutama yang berkaitan dengan anatomi organ pencernaan yaitu sistem pencernaannya lebih panjang. Pada hewan pemakan daging memiliki sistem pencernaan yang pendek dan sederhana sehingga daging yang dimakan dapat cepat membusuk di dalam pencernaan dan cepat dikeluarkan (Susianto, Widjaja & Mailoa, 2007).

Keuntungan Diet Vegetarian

Pola diet vegetarian sangat menguntungkan bagi populasi lansia karena dapat mencegah penyakit kronik dan bisa memperpanjang umur. Tetapi diet vegetarian juga memiliki resiko yang tinggi dan defisiensi beberapa zat gizi saat metabolisme tubuh tinggi seperti masa kehamilan, menyusui, dan selama masa pertumbuhan. Beberapa penyakit kronik degeneratif yang dapat dicegah dengan poa makan vegetarian antaranya penyakit jantung, hipetensi, kanker, obesitas, diabetes melitus, gangguan syaraf, dan osteoporosis, serta penyakit kronik lainnya. Hal ini karena pola makanan vegetarian lebih banyak mengkonsumsi makanan jenis kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan dengan mengurangi atau membatasi makanan dan minuman produk hewani.

Diet ini juga lebih banyak mengkonsumsi serat dan sedikit mengkonsumsi lemak jenis saturated. Terlalu banyak mengkonsumsi energi dan lemak sturated menyebabkan resiko penyakit kronik degeneratif meningkat (Sabate J, 2001).

Jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai secara langsung mempengaruhi kesehatan tulang karena jenis protein dalam kacang kedelai mengandung zat-zat kimiawi yang secara langsung memperlambat kerapuhannya (Salampessy W, 2001). Selain itu kacang-kacangan juga mengandung boron yang berfungsi untuk melindungi tulang. Akan tetapi mekanismenya belum diketahui. Sabate J 2001 mengatakan, kebiasaan diet makan produk hewani atau nabati dapat diperdiksi resiko osteoporisis dalam waktu lebih dari lima tahun pada pria dan wanita.

Sumber:

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123426-S-5529-Faktor-faktor%20yang-Literatur.pdf

Ada banyak alasan untuk menjadi vegetarian. Berikut ini beberapa alasan menjadi seorang vegetarian yang dirangkum dari The NZ Vegetarian Society.

  1. Kesehatan
    Vegetarian mempunyai usia lebih panjang dan gaya hidupnya mengurangi risiko penyakit, obesitas, dan hipertensi. Lemak dan daging hewan telah dikaitkan dengan peningkatan penyakit jantung, stroke, kanker usus besar dan payudara, penyakit hati dan ginjal, penipisan massa tulang, radang sendi, dan sejumlah penyakit lain. Makanan vital membangun tubuh vital.

  2. Manusiawi
    Untuk menghentikan eksploitasi hewan dengan pembiakan intensif dan pembantaian yang tidak perlu. Hal ini telah menjadi keyakinan banyak pemikir terdalam di dunia bahwa kekejaman yang ditunjukkan kepada binatang berdiri sebagai noda pada kemanusiaan, menghambat kemajuan manusia. Orang bijak yang bijaksana telah meresepkan Ahimsa (tidak terluka atau tidak berbahaya), sebagai metode yang paling efektif untuk menangkal dan memberantas kecenderungan brutal dan kejam pada manusia.

  3. Etika
    Pengetahuan bahwa makhluk lain memiliki perasaan yang sangat mirip dengan kita. Pemakan daging rata-rata selama hidup mereka secara pribadi bertanggung jawab atas penyembelihan 5 sapi, 20 babi, 30 domba, 760 ayam, 46 kalkun, 15 bebek, 7 kelinci, 1 angsa ½ dan ½ ton ikan.

  4. Lingkungan
    Peternakan hewan bertanggung jawab atas deforestasi, erosi, kelangkaan air tawar, polusi udara dan air, perubahan iklim dan yang terpenting, hilangnya keanekaragaman hayati.

  5. Kelaparan Dunia
    Ada sekitar 800 juta orang di dunia dengan hampir tidak cukup makan, namun 80% dari tanah pertanian dunia digunakan untuk memberi makan hewan dan hanya 20% untuk memberi makan manusia secara langsung. Dibutuhkan sekitar 80 pons protein nabati untuk menghasilkan 1 pon protein hewani.

  6. Agama
    Vegetarisme sangat terkait dengan sejumlah agama yang berasal dari India kuno - khususnya Hindu, Budha, dan Jainisme. Ini juga merupakan makanan yang disukai banyak orang yang mengikuti jalan spiritual karena konsep ahimsa (tanpa kekerasan), kemurnian tubuh dan pikiran dari menghindari daging, atau karena memakan hewan bertentangan dengan kepercayaan spiritual.

Referensi

Reasons to be Vegetarian. http://www.vegetarian.org.nz/vegetarianism/reasons-to-be-vegetarian/. diakses pada 2 Juni 2020.