Apa Alasan Kita Lebih Baik Untuk Membuat MVP Terlebih Dahulu Sebelum Membentuk Tim Inti

Saat membuat MVP terkadang lebih baik kita tidak perlu menunggu untuk memiliki tim, apa yang menjadi alasan terhadap hal ini?

Ada beberapa alasan mengapa kita harus membangun MVP terlbih dahulu sebelum membangun tim, beberapa alasannya antara lain:

  1. Menguji ide yang kita miliki, membangun MVP adalah tentang menguji solusi yang kita miliki dari suatu permasalahan apakah solusi tersebut dibutuhkan oleh orang-orang dan pengguna potensial yang ingin dibangun.

Setelah pengujian, ketika kita melihat minat dari calon pelanggan dalam memecahkan masalah yang ingin dipahami - Cobalah untuk menemukan tim, pengembang, atau meng-outsource MVP yang dimiliki.

  1. Membangun tim membutuhkan waktu yang tidak sebentar, untuk membentuk tim yang baik, diperlukan waktu yang tidak sedikit.

  2. Cai tahu apa yang ingin kita bangun, pertama mulai dengan ide. Ide ini selalu berubah di sepanjang jalan ketika kita membangun produk kita dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

Semakin cepat kita mulai mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, semakin cepat kita mendapatkan kecocokan pasar produk.

  1. Menemukan Co-founder terbaik, membangun tim inti jika kita sudah memiliki MVP menjadi lebih mudah

  2. Mendapatkan dana, kita bisa memperlihatkan MVP yang dimiliki kepada investor. Membangun MVP tanpa tim merupakan suatu kelebihan yang bisa ditunjukan kepada investor karena kita memperlihatkan kegigihan kita dan menunjukkan keyakinan kita terhadap ide ini dan akan melakukan apa saja agar ide ini terwujud.

referensi: https://brainhub.eu/blog/6-reasons-not-to-build-team-before-building-mvp/