Apa akan ada resiko bila kita memelihara Musang Pandan?

Tentu semua hewan yang akan dijadikan sebagai hewan peliharaan pastinya memiliki resiko tersendiri. Pun sama halnya dengan memelihara musang pandan. Anda harus siap menerima resikonya ketika memelihara musang pandan ini.

  1. WALAUPUN SUDAH JINAK, MUSANG PANDAN TETAP BERPOTENSI MELONTARKAN SERANGAN
    Insting binatang buas dan liar yang dimiliki oleh musang pandan peliharaan Anda akan tetap ada walaupun sudah melewati proses penjinakan. Terkadang, musang pandan sesekali akan melontarkan serangan berupa gigitan atau cakaran.
    Biasanya musang pandan akan memberikan serangan tersebut ketika ia sedang merasa lapar atau stres. Namun terkadang juga, serangan yang dilontarkan oleh musang pandan hanyalah bentuk permainan dan keakraban antara musang pandan dengan sang majikan.

  2. MUSANG PANDAN PUN BISA TERSERANG PENYAKIT
    Setiap makhluk hidup di dunia ini tentu berpotensi terserang penyakit. Begitu pun dengan musang pandan. Kadang kala, musang pandan akan terserang penyakit, entah itu penyakit ringan ataupun penyakit yang berbahaya, bahkan sampai berefek pada kematian pada musang pandan.
    Sebelum terserang penyakit, ada baiknya anda selalu menjaga kesahatan musang pandan yang Anda pelihara. Salah satu caranya ialah dengan selalu menjaga kebersihan musang pandan, kebersihan kandang, serta asupan gizi untuk musang yang tepat.
    Musang pandang sering kali terkena penyakit berupa diare, mogok makan, 0besitas, stres, dan berbagai penyakit-penyakit lainnya. Jika musang pandan anda terlanjur terserang penyakit, jangan pernah ragu untuk membawanya ke dokter hewan atau orang-orang yang berpengalaman dalam menangani kasus tersebut.
    Jika masalah kesehatan pada musang pandan peliharaan anda tidak diselesaikan sesegera mungkin, kesehatan anda sebagai majikannya pun bisa terancam. Kadang kala, ada beberapa penyakit pada musang pandan yang dapat menular pada manusia di sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya penyakit pada musang pandan harus segera diobati.

  3. AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT, MEMBERSIHKAN KANDANG MUSANG PANDAN ADALAH PEKERJAAN “WAJIB”
    Seperti yang telah disinggung sekilas pada poin pembasan sebelumnya, untuk menjaga tubuh musang pandan dari adanya berbagai macam penyakit, Anda perlu senantiasa membersihkan tubuh musang pandan, kandangnya, serta lingkungan di sekitarnya.
    Memandikan musang pandan harus dilakukan dengan rutin dan sesuai aturan. Begitu pun ketika membersihkan kandang musang pandan. Kebersihan kandang musang pandan harus dirawat serutin mungkin dan sebersih mungkin. Kandang yang bersih akan menjadikan musang pandan kesayangan Anda lebih terhindar dari penyakit-penyakit yang mengintainya.

  4. AROMA TUBUH MUSANG PANDAN KADANG KALA TERCIUM TIDAK SEDAP
    Musang Pandan memang dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki aroma tubuh nan harum bak daun pandan. Akan tetapi, aroma harus pandan tersebut dapat berubah menjadi aroma yang justru memuakkan.