Apa ada pengaruhnya apabila wajah menjelang tidur dibersihkan dahulu?

Studi menunjukkan 50% wanita tidak mencuci wajah dengan benar dan tidak menggunakan produk yang tepat. Sekalipun sudah secara teratur membersihkan wajah.

image

Membersihkan wajah menjelang tidur banyak sekali manfaatnya:

  • Mencegah tumbuhnya jerawat
    Sebelum beraktifitas kita memakai berbagai macam kosmetik pada wajah. Ada foundation, bedak, maskara, lipstik, bulu mata, dan lain-lain. Hal itu tentu saja menutup pori-pori pada wajah. Ditambah lagi debu yang juga menempel selama kita beraktifitas seharian, akan membuat wajah kita mudah timbul jerawat. Karenanya sangat penting bagi kita untuk mencuci wajah sebelum tidur dan membebaskan wajah dari segala kosmetik dan debu yang menutupinya.

  • Mencegah infeksi mata
    Mata adalah bagian dari wajah yang juga sangat penting. Mata kita juga tak luput dari sapuan riasan setiap harinya. Tidur dengan mata penuh riasan tentu saja bukan hal yang baik untuk kesehatan mata. Riasan mata dapat menyebabkan folikel rambut, juga kelenjar minyak tertutup sehingga menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Peradangan dan iritasi adalah masalah yang kerap timbul jika kita tidak menghapus riasan pada area mata sebelum tidur.

  • Mempertahankan penampilan kulit
    Kulit wajah termasuk bagian tubuh lebih sensitif dan membutuhkan perlakuan khusus. Mencuci wajah setiap hari sebelum tidur dipercaya dapat mempertahankan penampilan kulit wajah karena membersihkan kotoran yang menempel pada kulit.

  • Mendetoksifikasi racun
    Polusi udara yang tidak bisa kita hindarkan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga makanan yang kita konsumsi tanpa kita sadari mengandung zat yang menjadi racun dalam tubuh kita. Racun-racun itu bersembunyi dalam kulit dan tidak mudah untuk dikeluarkan. Dengan mencuci wajah sebelum tidur, dianjurkan menggunakan air hangat, dapat membuka pori-pori dan menghasilkan keringat. Keringat-keringat itu akan membawa racun keluar dari dalam tubuh.

  • Memaksimalkan regenerasi kulit
    Kulit kita mengalami pengelupasan setiap hari. Sel-sel kulit mati akan berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Dengan mencuci wajah sebelum tidur, sel-sel kulit mati akan hilang dan tidak akan menumpuk pada wajah.

  • Mencegah penuaan dini
    Mencuci wajah sebelum tidur, khususnya mencuci wajah menggunakan air hangat merupakan salah satu cara mencegah penuaan dini, karena dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit. Tentu saja hal ini akan membantu kita tampak awet muda karena penuaan dini bisa dicegah.

  • Menjaga keelastisan kulit
    Kulit yang sehat dan terjaga akan membuat kita selalu nampak segar dan awet muda. Kulit tampak lebih elastis dan kenyal. Untuk hasil yang lebih memuaskan dan menambah manfaatnya, Anda dapat menggunakan air hangat dan mencampurnya dengan bahan tambahan seperti madu, air, mawar, air jeruk nipis/ lemon, dan lain sebagainya.

  • Melancarkan sirkulasi darah
    Salah satu kunci kesehatan wajah adalah lancarnya sirkulasi darah. Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah. Jika sirkulasi darah lancar tentu akan mempengaruhi penampakan wajah yang terlihat selalu segar.

  • Menjaga kesehatan saraf
    Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat selain dapat memberikan manfaat pada sirkulasi darah, juga dapat memberikan rangsangan-rangsangan pada syaraf wajah. Tentu saja hal ini sangat baik karena akan membuat syaraf selalu sehat.

  • Menghilangkan stres
    Sibuk beraktifitas seharian akan membuat stres menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Stres selain mempengaruhi tubuh, juga akan nampak pada wajah Anda. Dengan mencuci wajah sebelum tidur akan memberikan efek menyejukkan dan menenangkan. Secara otomatis hal ini akan mengusir stres dan membuat Anda siap beraktifitas kembali keesokan harinya.

sumber: