Apa ada pelajaran tentang mendirikan usaha atau startup yang tidak diajarkan saat kita masih sekolah?


(Mitha Aryani) #1

Maksud saya disini, adakah, hal hal yang sekolah tidak ajarkan tentang ralita dalam membangun sebuah usaha atau startup. Yang mana kita tahu, bahwa sekolah mengajarkan cara untuk sukses, teori - teori untuk mendirikan usaha, dan beberapa rencana umum pada usaha.

Namun, disisi lain, apa ada yang tidak masuk dalam pelajaran sekolah kita? atau semua sudah cukup dengan apa yang telah kita pelajari disekolah?


(Rina Gunawan) #2

Benar sekali bahwa saat kita sekolah, kita hanya mendapat cara sukses, teori dan rencana umum dalam membangun usaha. Semua yang kita dapat dari sekolah sangatlah berguna saat kita membangun startup. Namun, ada juga hal yang dapat kita pelajari diluar sekolah. Hal - hal tersebut bisa kita dapatkan melalui pengalaman salah satu contohnya.

Dibawah ini saya mengutip dati saintia.com tentang apa saja pelajaran startup yang tidak kita dapati disekolah:

Beritahu ide anda kepada orang sekitar

Anda tentu perlu pengembangan ide, jangan ragu untuk menceritakan ide anda kepada kerabat - kerabat anda. jangan takut ide anda dicuri, karena keberhasilan tergantung dari eksekusi anda.

Jangan hiraukan pendapat orang

Ketika anda mendapat saran, jangan minder dengan saran tersebut. Percaya pada diri anda, percaya anda dapat melakukannya.

Segera luncurkan startup anda

Jangan pernah menunda waktu peluncuran startup anda. Jika tidak, anda tidak akan pernah memulai usaha anda, segera luncurkan!!!

Cari partner yang sesuai dengan anda

Carilah partner yang sesuai dengan anda dalam ranah pengalaman, kemampuan maupun kepribadian anda.

Sedikit menyebalkan itu perlu

Anda dapat menceritakan tentang ide anda kepada orang yang sama berulang - ulang. Ini menandakan bahwa anda semangat dalam membangun usaha anda.

Semua bukan karena uang

Buatlah perusahaan yang anda nyaman bekerja didalamnya.

Jangan hanya mencari karyawan yang pintar

Carilah orang yang memang akan membantu anda untuk meraih kesuksesan.

Setiap pekerjaan dapat digantikan

Anda perlu mengetahui seluk beluk pekerjaan yang ada di startup anda. Anda harus mengerti semua aspek yang dibutuhkan bisnis anda.

Kegagalan adalah sesuatu yang baik

Kegagalan adalah salah satu kunci pengusaha dalam meraih kesuksesan.

Anda hanya mendapat satu kesempatan

Gunakan kesempatan ini dengan baik. Belum tentu dilain hari anda dapat melakukannya lagi. Nikmati proses membangun startup anda.

Seperti itulah beberapa pelajaran yang mungkin kita temui diluar sekolah. Masing - masing dari kita mungkin memiliki kondosi yang berbeda dari finansial, hubungan kerja maupun kemauan. Namun, semua bisa diatasa jika kita bersungguh - sungguh.

Terimakasih.

Baca selengkapnya : http://www.saintia.com/beberapa-pelajaran-startup-yang-tidak-anda-pelajari-di-sekolah/10/