© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Antibiotik Baru dari Tangkuban Perahu

antibiotik

Para peneliti dari Institut Teknologi Bandung dan LIPI berhasil melakukan tahap isolasi, identifikasi dan skrining terhadap 5 (lima) mikroorganisme yang diperoleh dari sampel tanah gunung berapi Tangkuban Perahu untuk mengeksplorasi lebih jauh potensi mikroorganisme sebagai agen antibiotik seiring meningkatnya kejadian resistensi terhadap antibiotik. Mikroorganisme yang berhasil diidentifikasi adalah tiga strain Actinomycetes dan 2 strain fungi, dimana kedua strain tersebut dikenal sebagai sumber berbagai metabolit sekunder yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada manusia.

Actinomycetes merupakan kelompok bakteri gram positif yang umum ditemukan di tanah dan sebagian besar kelompok tersebut adalah penghasil berbagai antibiotik dan beberapa komponen antimikroba lainnya. Sementara, Fungi merupakan kelompok talofita, dimana strukturnya tidak tersusun atas akar, batang maupun daun, yang dikenal luas sebagai jamur. Beberapa jenis fungi menghasilkan antibiotik yang sudah umum dikenal, semisal penisilin. Beragam komponen antimikroba yang dapat dihasilkan dari dua kelompok tersebut menjadikan penemuan terhadap strain spesifik menjadi hal yang menarik untuk dicari tahu lebih dalam.

image

Setelah mengetahui taksonomi, morfologi dan fisiologi dari strain yang diisolasi, para peneliti kemudian melakukan fermentasi dan uji bioaktivitas terhadap isolat strain. Hasil uji terhadap bioaktivitas ke-5 strain menunjukkan bahwa semua isolat menghasilkan aktivitas antibiotik. Bioaktivitas, uji resistensi dan uji patogen bakteri tertinggi diperoleh pada strain yang teridentifikasi sebagai Streptomyces galbus. Selain itu, uji pada kaldu fermentasi strain Streptomyces galbus mendapatkan hasil uji dengan availability of T47D cell terendah. Streptomyces galbus memiliki potensi antikanker yang tinggi. Menurut para peneliti, temuan potensi antibiotik baru akan lebih menjanjikan apabila isolasi dan skrining actinomycetes dan fungi dilakukan pada beragam sumber tanah vulkanik lainnya yang dinilai memiliki potensi keberadaan dua kelompok tersebut. Lebih lanjut, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kedua strain dari kelompok tersebut dapat bermanfaat untuk berbagai aplikasi, baik untuk mengendalikan penyakit infeksi menular hingga potensi untuk penemuan obat baru.

Referensi :
  • Andayani S dkk, HAYATI Journal of Biosciences 22 (4), 2015, 186-190
  • Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, “Mari Bersama Atasi Resistensi Antimikroba”, 31 Mei 2016 (diakses 15 maret 2017)
  • Volcano Discovery, “Volcanoes of Indonesia (147 Volcanoes), https://www.volcanodiscovery.com/indonesia.html (diakses 12 Maret 2017)