Antara Tren Ikoy-Ikoyan, Netizen, dan Mental Pengemis

Belakangan ini, tren “Ikoy-Ikoyan” yang di buat sama Arief Muhammad makin marak ya. Banyak influencer yang ngadain Ikoy-Ikoyan atas dasar permintaan netizen yang NgeDM mereka

Bener sih, di tengah peliknya pandemi ini, charlity giveaway bisa jadi “angin seger” buat masyarakat saat ini.

Cuma nih (ada cumanya)… sejak munculnya charity ini, keliatannya netizen makin hari makin ga terkendali ayang awalnya cuma asik-asikan di moment tertentu aja, eh tapi sekarang malah terkesan “nodong” buat di kasih.Kelakuan Netizen Yang maksa minta ngadain Ikoy-Ikoyan, ngingetin kita sama salah satu fenomena yang secara ga sadar sering terjadi,yaitu : Mental “pengemis”

Definisi Mental Pengemis : Kondisi di mana perasaan dan pikiran seseorang selalu ngerasa serba kekurangan dan ga tercukupi. jadi, bukan berarti dia dalam kondisi kekurangan beneran ya…

Sadar atau engga, mental Pengemis ini sering terjadi dalam kehidupan kita loh. Contohnya nih… kalo ada temen jualan/usaha ada aja makhluk suka gini… psst… Bikin logo ga gratis atau harga temen aja gitu?

Ciri lain dari mental Pengemis :
1.pengen hasil instan (termasuk buat dapet cuan)
2.Menggantunhkan nasib ke tangan orang lain
3.Dikit-dikit minta, ujung-ujunhnua maksa
4.Seneng di kasihani
5.Selalu ngerasa kurang alias ga cukup

Bayangin kalo generasi penerus kita banyak yang gini? ~bayangin aja dulu

Intinya, berbagi ataupun nerima bantuan itu sah-saha aja kalo di lakuin dengan benar. Balik ke diri kita masing-masing, harus bisa kontrol diri dan bijak nanggepinnya.

Kalo pendapatmu sendiri soal fenomena yang satu ini gimana?

1 Like