Antara Growth Mindset dan Fixed Mindset, Mana yang Kamu Miliki?

IMG_8573

Kemampuan yang tidak bisa diubah atau dengan kata lain sudah tertanam dalam diri kita sejak lahir, itu adalah “ Fixed Mindset”. Sedangkan kemampuan yang bisa kita kembangkan dengan usaha dan kerja keras, itu adalah “Growth Mindset”.

Fixed dan Growth mindset ini adalah dasar dari bagaimana kita menentukan jalan pikir dan juga tingkah laku dan aksi kita terhadap sesuatu. Kedua mindset ini menjadi hal penting yang membentuk hidup kita.

Kalau kamu sudah memiliki growth mindset atau masih berusaha transisi dari fixed ke growth? Share yuk!

“Being challenged in life is inevitable, being defeated is optional.” - Roger Crawford

Menurut saya, individu yang memiliki fixed mindset meyakini bahwa inteligensi dan berbagai potensi lain yang dimilikinya sudah ditentukan sejak semula secara genetik sehingga ada batasan yang tak mungkin dapat ditembus oleh latihan ataupun upaya manusia (belajar). Berangkat dari keyakinan tersebut membuat mereka juga memiliki penilaian bahwa usahanya untuk mengubah situasi tidak akan ada gunanya dan memilih untuk menyerah. Dari konsep fixed mindset menurut saya hanya akan membuat seseorang tidak berani berkembang atau menjajaki hal baru dalam hidup. Cenderung akan berada dalam zona nyaman yang nantinya pengalaman yang dimiliki juga tidak terlalu luas.

Berbeda dengan individu dengan growth mindset. Individu akan meyakini bahwa kualitas-kualitas dasar seseorang adalah hal-hal yang dapat diolah melalui upaya-upaya tertentu. Keyakinan tersebut membuatnya akan terus belajar dan berusaha karena ia yakin bahwa usahanya dapat meningkatkan kemampuannya. Sehingga dengan demikian akan mendorong seseorang untuk ingin terus belajar dan tidak mudah putus asa. Pandangan dalam suatu permasalahan yang terjadi pada dirinya juga tentu akan berbeda. Mereka akan dapat menerima dan belajar memaknai dari setiap peristiwa yang pernah dialami.

Menurut penilaian terhadap diri sendiri, saya merupakan orang dengan growth mindset. Saya percaya bahwa kecerdasan seseorang itu dapat diubah melalui proses belajar. Definisi dari belajar sendiri adalah proses transfer yang menghasilkan perubahan perilaku dari yang kurang baik menjadi baik dan bersifat permanen. Saya percaya bahwa tidak ada manusia lahir dengan kebodohan, hanya saja bergantung dari manusia itu sendiri mau belajar berkembang atau tidak… tentu hal ini perlu dukungan dan kondisi lingkungan yang baik.

1 Like

Berdasarkan pandangan saya, saya merasa saya memiliki growth mindset dan fixed mindset. Mungkin agak aneh karena dua hal ini adalah hal yang berbeda tetapi saya mengatakan hal tersebut karena terkadang untuk beberapa hal saya merasa saya sudah mendapatkannya sejak lahir dan tidak perlu melakukan usaha ekstra atau bahkan bekerja keras. Akan tetapi untuk beberapa hal lainnya saa merasa bahwa hal itu saya dapatkan dengan usaha dan kerja keras saya.

1 Like

Terimakasih untuk tanggapannya @Yana_Anggita_Venanda . Aku setuju kalau tidak ada orang yang terlahir bodoh, memang itu tergantung dari masing-masing kita untuk menyikapinya, apakah mau terus berkembang dan berusaha atau tidak. Tetap semangat dan berusaha untuk terus mengembangkan growth mindsetmu! :grin:

Menarik ya karna kamu memiliki 2 mindset (growth dan fixed). Mungkin memang sebenarnya semua orang memiliki 2 mindset karena fixed mindset sendiri sudah ada dalam diri kita sejak kecil, dan benar kalau pasti kita butuh usaha dan kerja keras untuk mendapatkan sesuatu hal yang diinginkan. Dari kerja keras dan usaha itulah yang akhirnya menjadikan kamu memiliki growth mindset juga. Yap, terus semangat dan terimakasih untuk tanggapannya :relaxed: @130_Vita_valia

Berdasarkan penjelasan ini, saya termasuk orang yang cenderung memiliki growth mindset karena saya percaya bahwa diri saya tidak dilahirkan dalam kadaan pintar dan berbakat sehingga perlu untuk belajar dan bekerja keras. Saya percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil, jika hasil tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, artinya saya kurang belajar dan kurang usaha. Tujuannya yaitu untuk memaksimalkan kualitas diri saya.

1 Like

Terimakasih tanggapannya @chaerielumar . Tetap semangat untuk terus memaksimalkan kualitas diri dan mengembangkan growth mindset kamu. Apapun usaha yang kamu lakukan akan berguna untuk kamu kedepannya. Selamat belajar dan berusaha keras! :relaxed: