Anjing Yang Patuh, Depresi Atau Alpha ?

WMN_27905

Apakah anjing yang patuh itu termaksud anjing yang depresi atau alpha?

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat manusia adalah ketika berurusan dengan anjing, kita salah menyangka anjing yang patuh sebagai anjing yang depresi.

Anjing bereaksi dan berpikir dengan cara yang berbeda dengan manusia. Ketika seekor anjing mulai menghormati pemimpin kelompoknya, mereka tidak hanya menjadi tenang, tetapi mereka juga memberikan ruang gerak untuk pemimpin kelompoknya dan mereka akan menghindari kontak mata, karena hal tersebut berarti “menantang” di dunia anjing. Mereka menurunkan kepala dan ekor dan membungkukkan tubuh mereka agar terlihat lebih kecil. Hal tersebut berarti mereka mengatakan pada anda bahwa mereka menerima anda sebagai pemimpin mereka. Jika anda secara konsisten menjadi pemimpin anjing anda, anjing anda akan merasa lebih aman dan senang, tidak harus khawatir untuk menjaga seluruh anggota manusia yang ada disekitar mereka. Ingatlah bahwa seekor anjing yang senang, nyaman dan patuh merupakan anjing yang tenang dan merendahkan diri mereka, bukan anjing yang loncat kesana kemari seperti anjing gila.

Menyalah artikan seekor anjing yang menyegani anda sebagai seekor anjing yang ketakutan atau depresi dapat menyebabkan banyak masalah. Ketika anda merasa buruk untuk anjing anda, anda akan mengirimkan isyarat yang salah. Anjing menginginkan anda cukup kuat untuk menjaga mereka, dan ketika mereka merasa anda cukup kuat, mereka akan menganggap anda seperti Alpha dog (pemimpin), yang mana artinya tidak akan loncat kesana kemari dan memperhatikan anda menunjukkan jalan daripada sibuk mengarahkan anda.

Anjing-anjing yang percaya bahwa mereka adalah Alpha (pemimpin) akan membusungkan dada mereka, dan menegakan kepala mereka setinggi mungkin agar mereka terlihat besar.
Ketika seekor anjing secara konstan mencoba untuk mendapatkan perhatian dari manusia yang tidak dicintai, maka anjinglah yang akan mengontrol situasi di sekeliling manusia tersebut. Seekor anjing yang hiperaktif yang bereaksi seperti ini merupakan seekor anjing yang stress, selalu khawatir karena harus mengontrol keadaan di sekitar mereka. Anda ingin anjing anda menjadi tenang, dan memperhatikan anda menunjukkan jalan sehingga mereka dapat berhenti khawatir karena mereka tidak perlu mengontrol keadaan di sekitar mereka.

Anda mungkin pernah mendengar soal anjing yang hanya menyukai satu orang manusia, dan tidak menyukai manusia lainnya, melindungi satu orang tersebut, dll. begitulah persepsi kita manusia. Apa yang sebenarnya terjadi adalah anjing tersebut merasa memiliki manusia. Melindungi manusia karena rasa kepemilikan, bukan karena cinta. “Manusia ini adalah milikku, jangan dekati manusia ini”. Manusia sering menyalahartikan hal tersebut dengan cinta. Padahal bukan. Anda ingin anjing anda menghargai anda sebagai pemimpin mereka, bukan sebagai hak milik mereka.