Anil dan Penormalan

Perlakuan panas (heat treatment) adalah suatu kombinasi dari pemanasan dan pendinginan dengan waktu tertentu yang dilakukan terjadap logam/paduan dalam keadaan padat untuk memperoleh suatu sifat tertentu. Pemanasan dapat menimbulkan perubahan fase/struktur pasa logam, demikian juga dengan pendinginan. Perubahan struktur ini menyebabkan terjadinya perubahan sifat. Pada hakekatnya, perlakuan panas adalah proses merubah struktur logam/paduan.

Anil (annealing) adalah suatu proses perlakuan panas (heat treatment) yang sering dilakukan dengan memanaskan logam/paduan sampai temperatur tertentu, menahan pada suatu temperatur selama waktu tertentu agar tercapai perubahan yang diinginkan lalu mendinginkan logam/paduan tadi dengan laju pendinginan yang cukup lambat. Anil dapat dilakukan terhadap benda kerja dengan kondisi yang berbeda-beda dan dengan tujuan yang berbeda pula. Tujuan melakukan anil adalah :

  1. Melunakkan/menaikkan keuletan
  2. Mengharuskan butir kristal
  3. Menghilangkan tegangan dalam
  4. Memperbaiki machinability
  5. Memperbaiki sifat kelistrikkan

Dilihat dari fungsinya dalam suatu rangkaian proses produksi, anil merupakan suatu bahan/benda kerja untuk pengerjaan/perlakuan panas berikutnya atau sebagai proses akhir yang menentukan sifat dari produk.

Dr. Wahiman Suherman. Ilmu Logam 1. ITS : Surabaya

1 Like

Dalam ilmu metalurgi dan material , anil adalah perlakuan panas yang mengubah sifat fisik dan kadang-kadang kimia suatu bahan untuk meningkatkan keuletan dan mengurangi kekerasannya , sehingga lebih bisa diterapkan. Ini melibatkan pemanasan bahan di atas suhu rekristalisasi , mempertahankan suhu yang sesuai untuk jangka waktu yang sesuai dan kemudian pendinginan.

Dalam proses anil, atom bermigrasi dalam kisi kristal dan jumlah dislokasi menurun, menyebabkan perubahan keuletan dan kekerasan. Saat bahan mendingin, ia mengkristal kembali. Untuk banyak paduan, termasuk baja karbon, ukuran butiran kristal dan komposisi fase, yang pada akhirnya menentukan sifat material, bergantung pada laju pemanasan dan laju pendinginan. Pengerjaan panas atau pengerjaan dingin setelah proses anil mengubah struktur logam, sehingga perlakuan panas lebih lanjut dapat digunakan untuk mencapai sifat yang diperlukan. Dengan pengetahuan tentang komposisi dan diagram fasa , perlakuan panas dapat digunakan untuk menyesuaikan dari yang lebih keras dan lebih rapuh menjadi lebih lembut dan lebih ulet.

1 Like

•Perlakuan panas•
proses pemanasan dan pendinginan untuk menghasilkan sifat-sifat yang diinginkan. Prinsip perlakuan panas ini pada dasarnya sangat sederhana, yaitu logam dipanaskan pada temperatur tertentu hingga mencapai temperatur tertentu dan kemudian ditahan pada temperatu tersebut dengan waktu tertentu serta akhirnya didinginkan dengan laju pendinginan tertentu pula.

1 Like