Andreas Von Bechtolsheim

Andreas “Andy” von Bechtolsheim (lahir September 30, 1955) adalah seorang insinyur listrik yang ikut mendirikan Sun Microsystems pada tahun 1982 dan adalah kepala desainer hardware-nya. Dia kemudian menjadi seorang investor, menyediakan dana besar pertama untuk Google, dan mulai beberapa perusahaan jaringan komputer.

MASA MUDA

Bechtolsheim dilahirkan dekat Ammersee, di negara bagian Jerman Bavaria. Ia dibesarkan di sebuah peternakan dengan Alpen di kejauhan, yang kedua dari empat bersaudara. Karena rumah terpencil tidak punya televisi dan tetangga yang jauh, ia bereksperimen dengan elektronik sebagai seorang anak. Pada tahun 1963 keluarganya pindah ke Roma, dan kemudian pada tahun 1968 untuk Nonnenhorn di Danau Constance di Jerman. Ketika dia hanya 16, ia merancang pengendali industri berbasis prosesor Intel 8008 untuk sebuah perusahaan di dekatnya. Royalti dari produk didukung banyak pendidikan.

Sebagai seorang mahasiswa teknik di University of Technology Munich Bechtolsheim memasuki kontes forscht Jugend bagi para peneliti muda, dan setelah masuk selama tiga tahun, memenangkan hadiah fisika pada tahun 1974. Bechtolsheim menerima Fulbright Award dan pindah ke AS pada tahun 1975 untuk menghadiri Carnegie Mellon University, di mana ia menerima gelar master di bidang teknik komputer pada tahun 1976. Pada tahun 1977 Bechtolsheim pindah ke Silicon Valley untuk bekerja untuk Intel, tapi berhenti ketika mereka memindahkannya ke Oregon minggu pertama. Ia mengambil pekerjaan musim panas di Stanford University dan menjadi gelar Ph.D. mahasiswa di bidang teknik listrik.

KARIER

papan sirkuit cetak
Awal hardware workstation Sun
Di Stanford, Bechtolsheim merancang komputer yang kuat (disebut workstation) dengan built-in networking disebut workstation SUN, sebuah nama yang diambil dari inisial untuk Stanford University Network. Ini terinspirasi oleh komputer Xerox Alto dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center. Bechtolsheim adalah “tidak ada konsultan fee” di Xerox, berarti dia tidak dibayar tetapi memiliki akses bebas ke penelitian yang dilakukan di sana. Secara khusus, Lynn Conway adalah menggunakan workstation untuk merancang integrasi yang sangat-skala besar (VLSI) sirkuit.

penasihat Bechtolsheim adalah Forest Baskett dan pada tahun 1980 Vaughan Pratt juga memberikan kepemimpinan untuk proyek Ming Dukungan diberikan oleh Departemen Ilmu Komputer dan DARPA. Komputer modular digunakan untuk proyek-proyek penelitian seperti mengembangkan V-System, dan untuk router Internet awal. Bechtolsheim mencoba untuk menarik perusahaan lain dalam pembuatan workstation, tetapi hanya mendapat tanggapan hangat.

PENDIRI SUN

Salah satu perusahaan membangun komputer untuk desain VLSI adalah Daisy Systems, di mana Vinod Khosla bekerja pada saat itu. Khosla telah lulus beberapa tahun sebelumnya dari Stanford Graduate School of Business dengan Scott McNealy, yang berhasil manufaktur di Onyx Systems. Tiga menulis rencana bisnis singkat dan cepat menerima dana dari pemodal ventura pada tahun 1982.
komputer desktop kecil
SPARCstation 1, dirancang sekitar tahun 1988

Bechtolsheim meninggalkan Stanford untuk menemukan perusahaan, Sun Microsystems, sebagai nomor karyawan satu. Bill Joy, yang merupakan bagian dari tim mengembangkan seri BSD sistem operasi Unix, adalah anggota keempat tim pendiri. Untuk sementara Bechtolsheim dan Joy berbagi apartemen di Palo Alto, California. Produk pertama, Matahari-1, termasuk desain papan Stanford CPU dengan peningkatan ekspansi memori, dan kasus logam lembaran. Pada akhir tahun, antarmuka Ethernet eksperimental yang dirancang oleh Bechtolsheim digantikan oleh dewan komersial dari 3Com. Sun Microsystems memiliki Penawaran Umum Perdana pada tahun 1986 dan mencapai $ 1 miliar dalam penjualan oleh 1988. Tapi Bechtolsheim ingin sesuatu yang baru dan sekitar waktu ini membentuk proyek yang diberi nama kode UniSun, merancang, komputer desktop yang murah kecil untuk pasar pendidikan. Hasilnya adalah SPARCstation 1 (dikenal sebagai “kampus”), awal baris lain dari produk Ming.

PERUSAHAAN LAIN

Pada tahun 1995, Bechtolsheim meninggalkan Sun untuk menemukan Granite Systems, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan switch jaringan berkecepatan tinggi. Pada tahun 1996, Cisco Systems mengakuisisi perusahaan sebesar $ 220 juta jiwa, dengan Bechtolsheim memiliki 60%. Ia menjadi Wakil Presiden dan General Manager Cisco Gigabit Sistem Unit Bisnis, sampai meninggalkan perusahaan pada bulan Desember 2003 untuk kepala Kealia, Inc.

Bechtolsheim didirikan Kealia pada awal tahun 2001 dengan Stanford Profesor David Cheriton, yang juga partner di Granite Systems, untuk bekerja pada teknologi server canggih dengan menggunakan prosesor Opteron dari Advanced Micro Devices. Pada bulan Februari 2004, Sun Microsystems mengumumkan mengakuisisi Kealia di swap saham. Karena akuisisi, Bechtolsheim kembali ke Sun lagi sebagai wakil presiden senior dan kepala arsitek. Teknologi perangkat keras Kealia digunakan dalam produk penyimpanan Sun Fire X4500.

Seiring dengan Cheriton, pada tahun 2005 Bechtolsheim meluncurkan perusahaan jaringan kecepatan tinggi lain, Arastra. Arastra kemudian berubah nama menjadi Arista Networks. Bechtolsheim meninggalkan Sun Microsystems untuk menjadi Ketua dan Chief Development Officer dari Arista pada bulan Oktober 2008, namun menyatakan ia masih dikaitkan dengan Sun dalam peran penasehat.

Bechtolsheim adalah anggota pendiri dari kampus West Coast Carnegie Mellon Silicon Valley CMU di Mountain View, California.

INVESTASI

Bechtolsheim mendirikan HighBAR Ventures, sebuah perusahaan investasi modal ventura tahap awal, bersama dua rekannya Sun: Bill Joy dan Roy Sardina. Investasi HighBAR termasuk Mirapoint, Brocade, Tasmania Sistem Jaringan, Brightmail, dan berkumpul kembali.

Bechtolsheim dan Cheriton adalah dua dari investor pertama di Google, investasi US $ 100.000 pada September 1998. Bechtolsheim menulis cek untuk “Google Inc” sebelum perusahaan bahkan yang didirikan. Cerita yang mengatakan Bechtolsheim menciptakan nama “Google” tidak benar. Namun, dia memotivasi para pendiri untuk secara resmi mengatur perusahaan dengan nama itu. Ketika ia memberikan cek ke Lawrence E. Page dan Sergey Brin, pendiri Google, mereka tidak benar-benar belum berbadan hukum.

Sebagai hasil dari investasi seperti ini, Bechtolsheim dipandang sebagai salah satu yang paling sukses “malaikat investor”, terutama di bidang-bidang seperti desain otomatisasi elektronik (EDA), yang mengacu pada perangkat lunak yang digunakan oleh orang-orang merancang chip komputer. Dia telah membuat sejumlah investasi yang sukses di EDA. Dia berpendapat bahwa perubahan dalam chip sendiri melampaui pengembangan alat EDA, menciptakan apa yang ia lihat sebagai kesempatan. Itu bunga di alat desain ini sementara di Stanford yang diminta frustrasi ketika menunggu untuk akses ke mainframe yang menyebabkan pengembangan tentang workstation pertama. Dalam satu perusahaan EDA seperti, Magma Desain Otomasi, sahamnya senilai sekitar $ 60 juta.

Bechtolsheim diinvestasikan dalam Tapulous, pembuat game musik untuk iPhone Apple. Tapulous diakuisisi oleh Perusahaan Walt Disney pada tahun 2010. Bechtolsheim bergabung George T. Haber, mantan rekan di Sun, untuk berinvestasi di CrestaTech perusahaan chip nirkabel pada tahun 2006 dan 2008.

Bechtolsheim menjadi investor di semua startups sebelumnya Haber: [rujukan?] CompCore dibeli oleh Zoran, gigapixel dibeli oleh 3dfx dan Mobilygen dibeli oleh Maxim Integrated Produk pada tahun 2008. Dia adalah seorang investor di Moovweb, antarmuka berbasis cloud untuk ponsel dan komputer website pada tahun 2009. Dia dilaporkan menjadi investor awal Claria Corporation, yang berhenti operasi pada tahun 2008.

Pada tahun 2012, Bechtolsheim diinvestasikan dalam semantik web startup Diffbot Stanford diinkubasi.

Yang paling menguntungkan untuk Bechtolsheim adalah awal investasi 100,000 di Google, yang, pada bulan Maret 2010, itu bernilai sekitar 1,7 miliar. Kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar US $ 2 miliar.

CHOICE

Bechtolsheim menerima Smithsonian Leadership Award untuk Inovasi pada tahun 1999, sebuah Stanford Pengusaha Perusahaan penghargaan tahun, dan merupakan anggota dari National Academy of Engineering. Bechtolsheim memberikan keynote speech pembukaan pada Konferensi Internasional Supercomputing pada tahun 2009.

REFERENCES

Forbes the World’s Billionaires: Andreas von Bechtolsheim 28 January 2015
High Noon: The Inside Story of Scott McNealy and the Rise of Sun Microsystems By Karen Southwick retrieved march 9, 2013
Daniel S. Morrow, interviewer (March 18, 1999). “Andreas Bechtolsheim & William Joy Oral History” (PDF). Computerworld International Archives. Archived from the original (PDF) on July 22, 2011. Retrieved April 11, 2011. (Many words are spelled phonetically)
“Die Milliarden-Karriere: Andreas von Bechtolsheim - Bundessieger Physik 1974”. 2006. Retrieved April 12, 2011. (German)
Andreas Bechtolsheim; Forest Baskett; Vaughan Pratt (March 1982). The SUN Workstation Architecture (PDF). Stanford University Computer Systems Laboratory. Retrieved April 11, 2011. CSL Technical Report 229 (First author name is misspelled on cover)
“Sun Workstation product overview” (PDF). 1982. Retrieved April 11, 2011.
Karen Southwick (1999). High noon: the inside story of Scott McNealy and the rise of Sun Microsystems. John Wiley and Sons. p. 88. ISBN 978-0-471-29713-0.
Peter Cohan (November 1997). “Lessons from High-Tech Companies”. Journal of Business Strategy.
Stephen Shankland (February 11, 2004). “Sun to buy Opteron server maker, reclaim co-founder”. ZDNet. Retrieved April 11, 2011.
Peter Galli (February 10, 2004). “Sun Acquires Server Technology Startup”. eWeek. Retrieved April 11, 2011.
Chris Preimesberger (October 23, 2008). “Sun Co-founder Bechtolsheim Joins Cloud Computing Startup”. eWeek. Retrieved April 11, 2011.
“About Us”. HighBAR Ventures web site. 2009. Retrieved April 13, 2011.
Tony Long (September 7, 2007). “Sept. 7, 1998: If the Check Says ‘Google Inc.,’ We’re ‘Google Inc.’”. Wired. Archived from the original on 1 May 2011. Retrieved April 11, 2011.
“Google history”. About Google Company. Archived from the original on 1 April 2011. Retrieved April 11, 2011.
“##4 * (2005 Rank: 4) Andreas von Bechtolsheim, A*”. Forbes. 2006. Archived from the original on 22 May 2011. Retrieved April 13, 2011.
Jenna Wortham (December 21, 2008). “Music Games for iPhone Give Artists New Spotlight”. New York Times. Retrieved April 11, 2011.
Andy Fixmer and Adam Satariano (July 1, 2010). “Disney Buys Tapulous, Maker of Video Games for IPads”. Bloomberg Businessweek. Retrieved April 11, 2011.
“The Programmable Broadband Company:About Us”. CrestaTech web site. Retrieved April 11, 2011.
“Bechtolsheim-Backed Moovweb Develops Mobile Sites And Smartphone Apps”.
Timothy L. O’Brien and Saul Hansell (September 20, 2004). “Barbarians at the Digital Gate”. New York Times. Retrieved April 12, 2011.
Andy Bechtolsheim Crunchbase http://www.crunchbase.com/person/andy-bechtolsheim
“Past Leadership Award Recipients: 1990–2008”. Computerworld Information Technology Awards Foundation. 2008. Retrieved April 13, 2011.
“An Interview with ISC’09 Keynote Speaker Andy von Bechtolsheim”. HPCwire. June 21, 2009. Retrieved April 13, 2011.