Anda pemula? terjun ke bisnis UKM yuk ini ide yang menjanjikan lho!


Diantara anda, mungkin masih ada yang bingung apa itu bisnis UKM? Sebelum lebih jauh, kita bakal ngasih tahu pengertian terlebih dahulu. UKM ini telah tercatat didalam undang-undang yang terkait. Klasifikasi kelompok usaha dinilai dari besaran jumlah modal dan omset yang mereka dapat. Masing-masing kelas memiliki jmlah yang berbeda-beda. Antara usaha kecil dan usaha menengah saja asaetnya berbeda. Buat anda yang ingin membuka usaha dan menjadi pengusaha yang sukses yuk kita gabung karena di kota Jember sudah terdapat Produk UMKM jember yang juga menjual produk online jember.

Berdasarkan perkembangan UKM di Indonesia bisa diklasifikasikan menjadi empat klompok yaitu:

1.UKM yang ditujukan untuk mecari nafkah

2.UKM yang bersifat pengrajin

3.UKM yang memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu berkerja subkontrak

4.UKM yang telah maju dan siap untuk menjadi usaha besar

Setelah melihat beberapa kriterianya, mungkin anda juga bertanya-tanya lantas apa perbedaannya dengan startup? Apakah juga bisa dimasukkan ke dalam kategori UKM? Kan modalnya juga sama-sama kecil.

Nah ternyata, keduanya berbeda. Perbedaanya hanya terletak pada pengoperasian bisnisnya saja. Jika startup lebih memanfatkan kecanggihan teknologinya dan sedangkan UKM lebih menuju ke pemasaran. Bagi pemula yang belum pernah terjun kedunia bisnis, UKM menjadi sala satu solusi terbaiknya.

Ada banyak kleebihan yang bisa dirasakan pengusaha pemula. melihat dari kriteria d iatas bisnis UKM bisa dibilang tidak terlalu mengeluarkan modal yang begitu besar. Akan btetapi, keuntungan yang di dapat sangat emnajnajikan sekali. Jadi bagi kalian yang mau coba-coba atau memiliki ider berlian dalam bisnis, gak ada salahnya untuk terjun ke dunia bisnis UKM ini.

Berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan bagi para pemula jika memutuskan untuk terjun ke usaha kecil dan menengah ini:

Banyak inovasi

Bisnis UKM memiliki skala operasional yang serba kecil. Muali dari modal, juga karyawan. Biasanya UKM tidak memberlakukan peraturan ketat maupun hirerarki yang tertulis layaknya perusahaan-perusahaan besar. Hal tersebut ternyata bisa menghambat kreatifitas para karyawannya.

Biaya operasioanal lebih kecil

Usaha kecil dan menengah lebih dinamis daripada usaha besar. Mereka bisa menjalankan proses produksi atau kegiatan bisnis dimana saja tergantung dengan kebutuhan. Banyak kok UKM yang menjalankan bisnisnya hanya dirumah. Artinya mereka tidak perlu-perlu banget untuk menyewa rumah atau perkantoran ditengah kota.

Pajak lebih ringan

Pajak adalah kewajibaban setiap orang. Meskipun anda pengusaha kecil sekalipun, kontribusi anda melalui pajak juga sangat dibutuhkna negara. Tapi tenang, tidak sepereti pengusaha besar lainnya, pengusaha UKM mendapatkan keistimewaan membayar pajak dalam jummlah yang lebih kecil.

Minat? Yuk langusng hubungi nomor 0877 7530 9776 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.