Amankah menjalani operasi gigi geraham bungsu pada masa menyusui?

gigi geraham

Proses menyusui memang tidak selalu mulus. Kadangkala mengalami gangguan seperti mastitis, puting digigit, dan sebagainya. Namun kadang gangguan saat menyusui juga bisa terjadi di luar proses menyusui. Misalnya, ibu harus menjalani operasi gigi ketika menyusui. Nah, amankah menjalani operasi gigi geraham bungsu pada masa menyusui?

Umumnya operasi gigi geraham bungsu ini aman untuk dilakukan oleh ibu menyusui. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ibu menyusui melakukan operasi gigi geraham bungsu, di antaranya:

  1. Siapkan ASIP untuk si kecil
    Ketika Anda akan menjalani operasi pembedahan, sampaikan pada dokter bahwa Anda sedang dalam masa menyusui, dan konsultasikan dengan dokter anestesi Anda mengenai seberapa cepat efek anestesi akan hilang setelah operasi. Pastikan Anda menyusui si kecil sebelum operasi dan siapkan ASIP untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

  2. Anda butuh istirahat
    Setelah operasi gigi, Anda mungkin membutuhkan istirahat. Minta bantuan tenaga orang lain untuk merawat sementara bayi Anda sementara Anda sedang dalam pemulihan. Setelah Anda pulih, barulah Anda bisa kembali merawat bayi Anda lagi.

  3. Patuhi pola makan yang disarankan
    Setelah menjalani operasi gigi, umumnya dokter akan menyarankan Anda untuk menghindari makan makanan tertentu seperti kacang-kacangan, atau makanan sejenisnya. Sebaiknya ikuti saran dokter tersebut agar proses pemulihan gigi berjalan lancar.

Sumber: http://doktersehat.com/bolehkah-busui-operasi-gigi-geraham-bungsu/