Amankah Berenang di Kolam Umum saat Pandemi?

image

Meskipun saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah mulai dilonggarkan, namun belum semua tempat umum diperbolehkan untuk kembali beroperasi, salah satunya kolam renang umum. Tapi, apakah sebenarnya berenang di kolam renang umum aman dari penyebaran virus corona, terutama varian delta?

Berenang adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, selain sebagai sarana olahraga yang menyehatkan, berenang juga dapat menghilangkan stress. Saat pandemi seperti sekarang ini, orang - orang berpikiran bahwa berenang dapat menyebarkan virus covid-19. Namun, ada penelitian mengatakan bahwa virus tidak dapat menyebar didalam air.

Lalu, bagaimana tanggapan Youdics mengenai hal ini ?

Summary

Amankah Berenang di Masa Pandemi?

Berenang saat pandemi covid-19 memang diperbolehkan dan tergolong aman. Namun, memang benar kalau masih ada risiko penularan virus Corona, apalagi jika berenang di kolam renang umum atau pantai yang ramai. Karena, saat berada di kerumunan, pastinya akan lebih sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain karena tidak mungkin juga menggunakan masker saat berenang yang memungkinkan terkena air liur orang lain saat mereka sedang berbicara, bersin ataupun batuk.

Menurut penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), belum ada laporan dan penelitian yang membuktikan bahwa air kolam renang dapat menjadi media penyebaran COVID-19.

Hal ini karena adanya zat disinfektan pada air kolam, seperti klorin dan bromin yang dapat membunuh berbagai jenis mikroorganisme, seperti bakteri dan virus. Karena inilah penularan melalui air kolam renang sangat kecil dibandingkan lewat udara.

Referensi