Algoritma seperti apa yang sesuai untuk membuat sebuah aplikasi atau game?

Membuat sebuah aplikasi atau game tidak dapat terjadi dalam jangka waktu sehari. Membuat aplikasi tidaklah mudah apalagi bagi para pemula. Namun dalam kegiatan apapun, membuat pasti memiliki langkah-langkah.

Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.

ada beberapa jenis algoritma untuk pembuatan game, yaitu:

  • MINIMAX, Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan, memperhatikan apa yg akan terjadi, kemudian yang digunakan untuk memilih langkah berikutnya.

  • ALPHA-BETA PRUNING, Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.

  • FUZZY, Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1) atau false (0).

  • ALGORITMA GENETIKA, Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim disebut fitness.

  • ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang peran computer makin mendominasi kehidupan manusia. Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia.

sumber :

Algoritma adalah langkah-langkah logis yang dibutuhkan untuk menyelasaikan masalah yang disusun secara sistematis. Dalam pembuatan algoritma hasruslah logis dan dapat dinilai secara benar atau salah.

Dalam membuat video game, khususnya dari segi pembuatan arsitektur game itu sendiri, programmer dituntut untuk membuat arsitektur game yang memungkinkan game untuk menampilkan performa yang maksimal dengan menggunakan sumber daya yang sesedikit mungkin. Sumber daya yang dimaksud bisa berupa waktu dan ruang (memori). Dalam pembuatan game sendiri algoritma sangat dibutuhkan untuk rancangan awal game, ada beberapa jenis algoritma untuk pembuatan game, yaitu:

  • MINIMAX, Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan, memperhatikan apa yg akan terjadi kemudian yang digunakan untuk memilih langkah berikutnya.`

  • ALPHA-BETA PRUNING, Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.

  • FUZZY, Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1) atau false (0).

  • ALGORITMA GENETIKA, Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim disebut fitness.

  • ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang peran computer makin mendominasi kehidupan manusia. Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia.

Source :

Algoritma sendiri memiliki beberapa fungsi jika diimplementasikan kedalam pembuatan aplikasi dan game, diantaranya :

  • Membantu memecahkan program yang rumit
  • Merubah program yang besar menjadi lebih sederhana
  • Fungsi algoritma bisa digunakan lebih dari satu kali
  • Dapat mengatasi segala masalah logika dengan urut
  • Program menjadi lebih rapid an terstruktur sehingga mudah dibaca dan dikembangkan
  • Ketika terdapat kesalahan dapat dicari dengan mudah

Beberapa algoritma yang digunakan dalam pembuatan game contohnya :

  • ALGORITMA AI : Kecerdasan buatan merupaka salah satu cabang teroenting dalam Ilmu Komputer, dimana sebuah komputer dirancang agar dapat melakukan pekerjaan sebaik manusia

  • ALGORITMA GENETIKA : Pendekatan yang diambil dari algoritma ini ialah dengan menggabungkan beberapa pilihan solusi terbaik didalam suatu populasi untuk mendapatkan generasi terbaik berikutnya,yaitu pada kondisi yang memaksimalkan kecocokannya

  • MINIMAX : Sebuah prosedur yang melihat kedepan,memperhatikan apa yang akan terjadi, kemudian digunakan untuk dipertimbangkan dalam memilih langkah berikutnya

  • FUZZY : Merupakan pengembangan dari logika Boolean. Sistemnya merupakan salah satu bahassa soft computing yang memiliki keunggulan dalam mengangani masalah yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial

Sumber :

e.

Algoritma dalam pembuatan aplikasi atau permainan adalah algoritma yang dikhususkan untuk pembuatan aplikasi atau permainan yang efektif dan efisien sesui seperti harapan. Seperti apakah Algoritma tersebut? Algoritma tersebut harus memenuhi kriteria - kriteria yang diinginkan.

Misalnya, dalam pembuatan permainan, harus menentukan tipe permainan apa yang ingin dibuat, apakah itu fungames,arcade games, strategy games, dll. setelah itu menentukan konsep dan genre dari permainan tersebut, lalu jalan cerita permainan tersebut, hingga ke detail- detailnya. Seperti karakter - karakter, barang - barang di game dan bermacam fitur lainnya.

Dalam pembuatan aplikasi (non game), menurut jack Dorsey, yang diutamakan adalah simplisitas, jadi buatlah algoritma mu se simple mungkin. karena orang - orang menyukai hal yang sederhana namun berguna.

Intinya, Algoritma dalam pembuatan aplikasi atau permainan adalah Algoritma yang dapat memenuhi kriteria - kriteria yang ada pada masing - masing hal tersebut. kriteria - kriteria inilah yang nantinya akan menjadi daya saing dari masing - masing perusahaan aplikasi atau permainan.