Algoritma seperti apa yang mudah dipahami oleh pemula?

Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah. Apakah pemula bisa dengan mudah memahami suatu algoritma? Algoritma yang seperti apa agar pemula mudah memahami sebuah algoritma?

Algoritma yang mudah dipahami oleh pemula adalah algoritma yang terstruktur. disamping itu, indentasi juga diperhartikan saat menyusun sebuah algoritma agar pembaca bisa memahami dengan betul bagian-bagian dalam algoritma tersebut.

Algoritma adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis. Algoritma merupakan inti dari ilmu komputer
dan berupa urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma yang akan mudah dipahami oleh pemula dapat berupa blueprint dari program dan sebaiknya disusun sebelum membuat program. Kriteria suatu algoritma yang akan mudah dipahami yaitu :

  • Ada input dan output
  • Efektifitas dan efisien
  • Terstruktur

Algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah metode yang terdiri dari langkah-langkah terstruktur untuk mencari solusi suatu masalah dengan pemrograman komputer.

Algoritma yang mudah dipahami oleh pemula adalah algoritma yang sederhana dan tersusun. Maksudnya yaitu langkah-langkahnya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak rumit. Dan algoritmanya juga tersusun secara rapi, yaitu dengan penyelesaian langkah demi langkah. Sehingga kita bisa tahu Input, Proses, dan Output dari program yang akan dibuat.