Algoritma apa yang Digunakan dalam Google Search Engine?

Bagi saya ini merupakan hal yang menarik untuk dipelajari dan diketahui. Apa algoritma yang digunakan dalam mesin pencari Google? Bagaimana bisa Google menampilkan pencarian teratas pada mesin pencari dengan konten yang mayoritas memiliki kualitas yang bagus dan akurat?

Apa algoritma yang digunakan dalam Google Search Engine?

image

Hal yang menarik untuk didiskusikan, menurut saya google yang merupakan search engine terkemuka perlu diketahui dan dipelajari apa algoritma yang digunakannya selama ini. Menurut saya, sesuatu yang didapatkan bisa sangat bermanfaat dalam pengembangan search engine.

Pertama-tama, saya akan membahas tentang pertahapan pada google itu sendiri. Dalam mengoptimalkan mesin pencari, setiap tahun google mengubah algortima mesin pencarinya. Google ini juga meluncurkan beberapa pembaruan besar-besarannya, misalnya Google Panda, Google Penguin, Google Hummingbird yang hasilnya tentu sangat baik dan direspon baik oleh pengguna. Update terbaru google saat ini yang baru luncur pada bulan maret lalu yang dinamakan β€œGoogle Fred”

Lalu, sebenarnya apa algoritma matematika yang digunakan oleh google? yup itu adalah PageRank. PageRank digunakan oleh google untuk meranking atau mengurutkan website-website dari yang paling populer dibaca atau settingan yang bisa dipilih atau diatur sendiri oleh pengguna. PageRank sendiri dinamai oleh Larry Page, penemu dari google itu sendiri. Page way adalah tempat bagaimana cara mengetahui seberapa pentingnya suatu website.

Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine disebut doorway gates. Page reank dapat membuat setiap halaman akan diperhitungkan pada inbound link dan Outbound link.

Konsep algoritma ini sama dengan link popularity. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan ini, proses terjadi secara rekursif yang nantinya urutan rank dari halaman ditentukan oleh rank halaman web lainnya yang memiliki link ke halaman tersebut.
berikut merupakan gambaran bagaimana page dan sergey brin membuat algoritma pagerank

Dari logaritman diatas bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda, bukan dari keseluruhan situs web.

source : https://en.wikipedia.org/wiki/PageRank

1 Like

Google.
Ya, perusahaan teknologi yang begitu dikenal oleh masyarakat dan membawa perubahan pada dunia.

Pertanyaan di atas merupakan perntanyaan yang cukup menarik untuk kita bahas, apa sih algoritma yang digunakan oleh Google dalam mesin pencari mereka. Apa saja jalan kerja dari Google tersebut sehingga bisa menemukan konten yang sesuai sekali dengan yang kita cari?

Berdasarkan sumber yang baca, ada beberapa algoritma dari Google yang hingga sekarang terus diupdate, diantaranya:

  • Google Hummingbird
  • Google Mobile Friendly Update
  • Google Panda Update
  • Google Penguin Update
  • Google Pigeon Update
  • Google Payday Update
  • Google Pirate Update
  • Google EMD (Exact Match Domain) Update
  • Google Top Heavy Update
  • dan untuk sekarang ini muncul lagi algortima Google Fred.

Berdasarkan pengamatan saya, Google terus mengupdate algoritma mereka agar bisa menampilkan informasi pada mesin pencari yang sangat akurat, konten berkualitas tinggi, dan disukai oleh pembaca. Jadi, algoritma ini terus diupdate untuk pengguna Google agar mereka mendapatkan informasi yang berkualitas.

Dahulu sempat ada yang namanya algortima yang menggunakan Google Page Rank untuk menilai kualitas dari sebuah website, semakin tinggi pagerank yang dimilki oleh suatu website maka kualitas web tersebut di mata mesinnya Google juga semakin bagus.

Akan tetapi, waktu berjalan ternyata algoritma ini kurang cocok karena bisa diakalkan agar web bisa mendapatkan pagerank tinggi walau kualitasnya rendah. Karena itulah pada saat ini Google benar-benar memperbaiki setiap kekurangan pada mesin pencari mereka.

Menurut saya untuk algoritma Google saat ini sudah bagus karena rata-rata informasi yang muncul sesuai dengan apa yang saya harapkan. Artikel yang ditampilkan lebih berkualitas dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Inilah yang terkadang bagi blogger menjadi momok menakutkan, disaat Google merilis algoritma mereka tak jarang banyak blog yang trafiknya turun secara tiba-tiba.

Mari kita bahas beberapa bagian dari Google Search Engine, pertama disaat menulis kata kunci Google akan otomatis mengeluarkan kata kunci yang relevan dengan apa yang kita cari, ini dinamakan Google Suggest. Darimana Google mengetahui hal-hal ini? Google mengetahuinya dari riwayat pengguna lain apa yang mereka cari pada mesin pencari Google. Nantinya, kata kunci yang sudah terakm akan ditampilkan lagi untuk pembagian berikutnya.

Google Panda
Google Panda meruapakan algortima yang fokus pada SEO ON PAGE.

Google Penguin
Algoritma ini berfungsi untuk menilai kualitas dari backlink yang mengarah pada suatu situs,

Kemudian, teknologi Google juga dapat mendeteksi mana artikel yang memiliki kualitas bagus dan mana yang bukan.

Jadi, data-data yang diterima oleh Goole beraal dari riwayat pengguna sebelum-sebelumnya.

Lantas bagaimana algoritma dari Google tersebut?


Google search engine merupakan perusahaan pencarian di internet yang paling besar. Google sangat menjunjung tinggi kreatifitas dan kesegeran ide – ide dalam perusahaanya. Di dalam google terdapat banyak sekali pegawai – pegawai yang profesional dalam bidangnya masing – masing, salah satunya yang mengurusi situs pencarian google, yaitu google search engine.

Google search engine memiki banyak sekali algoritma, yang pertama yaitu algpritma mengenai penyeleksian situs – situs web yang memiliki konten unik dan kesegaran isi. Banyak sekali web – web zaman sekarang yang isinya Cuma mengkutip dari situs – situs sebelah dan kadang apa yang merka kutip belum tentu merupakan berita yang benar. Algoritma ini berfungsi untuk menyelkesi situs – situs tersebut untuk menentukan prioritas yang akan ditampilkan pada layar dan halaman depan.

Lalu algoritma yang berguna untuk menentukan lokasi si user. Sehingga pihak google dapat menampilkan web – web mana saja yang berada di dekat wilayah si pengguna. Hal ini sangat berguna bagi user karena dengan hal ini si user tidak perlu kebingungan akan lokasi atau tempat web yang sedang mereka jelajahi. Selain itu hal ini juga berguna untuk mencari peluang bisnis apa saja yang masih belum dikembangkan dalam wilayah tersebut.

Yang ketiga adalah algoritma mengenai penentuan apakah web tersebut memiliki predikat yang baik atau tidak. Pihak google menentukan hal tersebut dengan cara melihat bagaimana respon si user terhadap suatu web tertentu. Selain itu semakin banyak link yang tertuju pada web tertentu maka google akan memberi nilai lebih kepada web rujukan yang ditulis oleh web – web kecil yang mengkutip materi dari web rujukan tersebut.

Sebenarnya google search engine memiliki banyak sekali algoritma yang membantu kita dalam proses pencarian situs. Karena google selau mengedapankan inovasi, sehingga setiap tahunnya google selau memunculkan algoritma – algoritma baru yang berguna untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan sebelumnya.

1 Like