Alat musik apa yang digunakan untuk musik Islami?

Musik Islami

Peradaban Islam di masa keemasan telah menyumbangkan beragam warisan penting bagi masyarakat modern salah satunya adalah alat musik. Alat musik yang digunakan untuk musik islami jelas berbeda dengan alat musik biasa. Apa alat musik apa yang digunakan?

Berikut adalah nama – nama alat musik yang sering dimainkan untuk mengiringi lantunan dakwah islam dan syair – syair islam, berikut alat musiknya :

  1. Rebana
    Rebana yakni sebuah alat yang terbuat dari kulit lembu menyerupai bedug pada masjid , namun berukuran kecil , sehingga cara memainkannya pun dengan di bawa oleh tangan kiri , dan di mainkan dengan tangan kanan.

  2. Bass Hadroh
    Mirip seperti bass drum tapi berbeda di bentuk belakangnya, biasanya disebut bass Habib Syech.

  3. Ketipung
    Alat musik pukul yang menghasil suara khas, ketipung juga sering dipergunakan untuk mengiringi hadroh.

  4. Tamborin
    Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya.

  5. Marawis

  6. Tumbuk Batu Marawis

  7. Tumbuk Pinggang Marawis

  8. Cymbal dan Tamborin

  9. Tabla
    Alat Musik dari india, biasanya digunakan oleh orkes gambus.

  10. Gendang
    Alat musik pendukung untuk orkes gambus dll.

  11. Gambus
    Adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang.

  12. Bedug
    Adalah alat musik tabuh seperti gendang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. Bila ditabuh, bedug menimbulkan suara berat, bernada khas, rendah, tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh.