PHYSIO-ED
Alat bantu pendidikan jasmani yang akan membantu orang tua untuk mengetahui keberadaan murid dan mengizinkan guru olahraga untuk memberikan tugas dan mengetahuinya.
Tentang Proyek ini
Pada tahun 2010 sebuah studi oleh “The President’s Council on Physical Fitness and Sport” menyatakan bahwa hanya 49% laki dan 35% perempuan berumur enam sampai sebelas tahun direkomendasikan untuk melakukan 60 menit olahraga per harinya. Dengan menitikberatkan kepada masalah obesitas dan penyakit lainnya pada anak-anak. Pendidikan jasmani sangat direkomenadsikan di sekolah untuk menurunkan angka tersebut. Akan tetapi Pendidikan jasmani selalu kurang memfasilitasi. Biasanya pendidikan jasmani selalu mempunayi siswa yang terlalu ramai. Anggaran yang minim yang mengakibatkan minimnya fasilitas dan bahkan yang paling menyedihkan adalah kurangnya keikutsertaan orang tua untuk mendukung anaknya. Minat yang sangat minin oleh orang tua kepada pendidikan jasmani sangat mengkhawatirkan, Minat yang rendah ini sangat masuk akal karena orang tua tidak ada yang mengetahui yang dilakukan murid selama pendidikan jasamani. Walaupun alasan ini masuk akal tapi tetap saja tidak bisa diterima. Bagaimana pun juga sangat sulit untuk membuat orang tua mengerti standard yang wajar jika tidak ada cara yang benar untuk mengikutsertakan orang tua untuk ambil bagian dalam pendidikan jasmani.
Pendidikan membutuhkan peran orang tua untuk mensukseskan seorang murid. Sama juga halnya dengan pendidikan jasmani. Saat orang tua menunjukan minat maka ia akan mendukung anaknya untuk melakukan lebih baik. Lebih baik lagi, jika orang tua berperan aktif dalam pendidikan anakya. Peran orang tua dalam pendidikan jasmani sangat penting untuk membuat siswa mengerti kebugaran dan kesehatan adalah salah satu kunci komponen kesuksesan karir mereka sama halnya dengan psikologis dan sosial mereka. Pendidikan jasmani adalah satu-satunya pelajaran yang merangkup seluruh kurikulum. Saat pendidikan jasmani diajari dengan betul seorang murid akan mendapatkan ilmu matematika, sains dan juga mereka akan lebih berani mengekspresikan diri mereka. Hal yang paling menyenangkan dari pendidikan jasmani adalah menjadi sebuah pelepas penat di hari sekolah yang panjang. Sedihnya beberapa siswa tidak melihat sejalan dengan itu dan menjadikan jam pelajaran pendidikan olahraga sebagai waktu untuk duduk, ngobrol, mendengarkan musik, mengerjakan PR dan juga sebagai waktu tidur siang. Ini merupakan trend dikalangan anak SMP dan SMA. Apa yang dilakukan guru? Mereka merasa jika memanggil orang tua mereka adalah hal yang sia-sia karena mereka akan tetap mengulangi kebiasaan buruk mereka. Nah disini Physio-Ed diperlukan, Physio-Ed dibuat oleh guru olahraga jadi konsep nya mengetahui kegiatan lapangan seorang murid dan memberitahu apa yang kurang dan yang dibutuhkan. Jika orang tua mempunyai cara yang mudah untuk mengetahui apa yang anak mereka lakukan selama pendidikan jasmani setiap hari mereka akan terus menyemangati anak mereka sampai mendapat yang baik untuk mereka. Lebih lagi, guru olahra bisa membuat PR “olahraga” untuk muridnya, orang tua dapat berperan dalam membantu anaknya mengerjakan PR. Physio-Ed sangat mudah karena merupakan applikasi handphone yang mudah di unduh. Applikasi ini membuat orang tua mengetahui apa yang direncakan guru olahraga hari ini dan mengetahui apakah anaknya berpartisipasi atau tidak.Guru dapat mendownload pelajaran hari ini dan informasi tentang pelajaran, memberi tugas dan mendownload laporan yang membantu murid meningkatkan kesehatan mereka. Applikasi ini mempunyai “Web-Based Software”, sebuah aplikasi dan perangkat yang dapat digunakan kepada setiap murid untuk melihat PR, langkah, aktifitas, dan durasi aktifitas. Orang tua dapat terus mengetahui perkembangan anaknya melalui aplikasi ini, guru akan dengan mudah mengetahui apakah tugasnya dikerjakan atau tidak. Intinya kami menggunakan teknologi untuk memudahkan orang tua dan guru saling berhubungan untuk kesehatan murid. Sekolah pada zaman sekarang membutuhkan Physio-Ed jika mereka serius tentang pendidikan jasmani dan integritas teknologi pada setiap mata pelajaran. Monitor tingkat kesehatan, sistem video game, dan web-based fitness program belum cukup. Mendukung Pyhsio-Ed, kamu bisa mengatakan “SAYA MEREVOLUSI PENDIDIKAN JASMANI!”.
RESIKO DAN TANTANGAN
Beberapa resiko dan tantangan akan muncul dalam proyek ini. Isu yang akan muncul tentang aplikasi yang sudah ada atau plagiasi aplikasi. Saya sangat yakin tim developer saya mampu mengatasi isu tersebut. Memanfaatkan aplikasi yang sudah ada akan menjadi sebuah nilai plus. Bagaimanapun juga untuk memudahkan penggunaannya di sekolah alat yang lebih baru dibutuhkan.