Al-Qur'an tercintaku

ok

Sang penyejuk hati, penerang jiwa, serta sahabat suka duka dengan segala kebaikan, ialah Al-Qur’an tercintaku, Wahyu Allah di segala penjuru

Makna :
Saat jiwa kita kosong, hati hampa, tanpa semangat jiwa untuk hidup, ada satu hal yang dapat mengembalikan semua menjadi semula dengan lebih baik. Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umta islam, sebuah wahyu dari Allah dapat dibaca, dipahami, dan diterapkan dalam kehidupan oleh semua orang. Isi dari Al-Qur’an tidak hanya untuk umat muslim atau sebagian umat pada zamannya saja, namun untuk semua umat pada berbagai zaman.

Terdapat sangat banyak keistimewaan Al-Qu’an , yang tentunya dapat meningkatkan kecintaan kita pada Al-Qu’an. Pahala bagi setiap orang yang membaca ayat suci Al-Qur’an, akan mendapat 10 kebaikan tiap hrf dalam bacaan ayat suci Al-Qur’an tersebut. Sungguh akan mendapat banyak sekali pahala atau kebaikan bagi setiap orang yang membaca Al-Qu’an. Hal itu telah dijelaskan pada Al-Qur’an, Allah berfirman “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami pula yang memiliharanya.” (QS. Al-Hijr [15]:9). “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat,” (QS. Al-A‘raf [7]: 204). Dan dalam hadist, yang artinya bahwa "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan” (HR. Bukhari).

Selain itu keistimewaan Al-Qur’an adalah Al-Qur’an mengandung sangat banyak ilmu pengetahuan. Tak hanya yang sudah dibuktikan oleh para ilmuan, namun ada juga yang belum dapat dibuktikan. Semua ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang, sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Contoh : 1. Kelahiran Manusia. “Kami telah menciptakan kamu; maka mengapa kamu tidak membenarkan? Adakah kamu perhatikan nutfah (benih manusia) yang kamu pancarkan? Kamukah yang menciptakannya? Ataukah Kami yang menciptakannya?” (QS. Al Waqi’ah:57-59). 2. Fungsi Gunung, “Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?” (QS An Naba’: 6-7). 3. Api di Dasar Laut, “Demi bukit. Dan kitab yang tertulis. Pada lembaran yang terbuka. Dan demi Baitul Makmur (Ka’bah). Dan demi surga langit yang ditinggikan. Dan demi laut, yang di dalam tanah ada api.”(QS At-Thur: 1-6). 4. Bagian Otak yang Mengendalikan Gerak Kita, “Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.” (QS. Al Alaq:15-16). 5. Besi, Dan Kami turunkan (anzalnaa) besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya, padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa.” (Q.S Al Hadiid ayat 25). 6. Garis Edar Tata Surya, “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS Al Anbiya:33). 7. Dasar Lautan Yang Gelap, “Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.” (QS An Nuur: 40). 8. Relativitas Waktu, “Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS As Sajdah:5). 9. Sungai di dasar Laut, “Dan Dialah (Allah) yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang satu tawar dan segar dan yang lainnya asin. Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.” (QS Al Furqan: 53). 10. Sidik Jari, “Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.” (QS Al Qiyamah:4)

Adapun keajaiban Al-qur’an yaitu ayat suci dalam Al-Qu’an dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit. Tidak sedikit penyembuhan yang menggunakan metode islami, dan dianggap serta terbukti berhasil dengan baik. Tidakkah kita berfikir? Betapa besar kuasa Allah, dan betapa banyak ni’mat yang telah Allah berikan? Kita dapat sembuh dari suatu penyakit dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya pengobatan, bahkan selain mendapat kesembuhan, kita juga mendapatkan pahala berlimpah. Tentunya hal itu dapat terjadi, apabila kita ikhlas dan yakin dalam melakukannya. Dan Allah maha pemurah pada semua hambanya.
keistimewaan lain, bagi seseorang yang sudah mencintai Al-Qur’an, maka orang tersebut akan merasa tentram hatinya saat membaca Al-Qur’an. Bahkan jika sedang gundah gulana, gelisah, sedih, kesepian, ketika orang tersebut membaca AL-Qur’an makan akan mendapatkan perasaan yang lebih baik. Istilah kita, Al-qu’an dapat sebagai mood booster saat kita galau.

Al-Qur’an sendiri mengungkapkan, “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat,” (QS. Al-A‘raf [7]: 204). Menurut para ulama tafsir, adanya perintah menyimak bacaan Al-Qur’an berarti adanya perintah membaca Al-Qur’an. Jika mendengar saja sudah mengundang rahmat, apalagi membacanya.
Sebagaimana dituangkan dalam surah Al-Isra [17] ayat 82 bahwa Alquran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga keutamaan membaca Alquran di rumah ataupun di masjid akan mendapatkan ketenangan jiwa.
Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

Masih sangat banyak keistimewaan Al-Qur’an yang lain, seperti :

  1. Mental healer,
  2. kitab peradaban,
  3. tidak dapat ditiru,
  4. bahasanya tidak diperbarui,
  5. kalimat dan kata di dalamnya tidak pernah berubah,
  6. ayat suci Al-Qur’an mudah dihafal,
  7. sebagai penyempurna hukum kitab sebelumnya

Keistimewaan bagi yang membaca Al-Qur’an, antara lain:

  1. Derajatnya Diangkat
  2. Mendapat Pahala Berlipat
  3. Mendapatkan ketenangan hati
  4. Mendapat Pertolongan Allah SWT di hari Kiamat
  5. Dihadiri Malaikat
  6. Ditempatkan Bersama Malaikat

Al-Qu’an dapat menjadi pedoman hidup manusia, sebagai penyembuh kegundahan hati, penerang jiwa sejati, penuntun jiwa yang lemah, pembawa ilmu pengetahuan yang berharga bagi dunia.

2 Likes