Akomodasi yang tersedia di Kawah Ijen?

akomodasi kawah ijen
Setiap harinya Kawah Ijen tak pernah sepi dari pengunjung. Pada hari-hari biasa pengunjung Kawah Ijen rata-rata hanya ratusan orang, namun pada weekend atau hari libur bisa mencapai lebih 2 ribu orang, bahkan pada momen tertentu seperti malam pergantian tahun, pengunjungnya bisa mencapai 4 ribu lebih.

Apabila Anda khusus datang untuk mandaki kawah Ijen di pagi hari sekali (subuh), terdapat penginapan di Paltuding, yaitu 2 wisma milik Departemen Kehutanan yang dapat disewa untuk umum mulai dari harga Rp100.000,00 hingga Rp300.000,00 per-malamnya. Perbedaan di antara keduanya hanyalah ada dan tidaknya kamar mandi di dalam kamar. Paltuding merupakan camping ground sehingga pengunjung diizinkan mendirikan tenda. Jadi, jika Anda lebih ingin merasakan sensai sebagai seorang petualang, maka disini anda dapat mendirikan tenda.

Di Paltuding ada 2 warung yang biasanya tutup setelah tengah hari.1 warung letaknya tidak jauh dari dapur pengolahan belerang. Warung ini sebenarnya untuk melayani para penambang namun kadangkala pengunjung pun makan di sana. Pemiliknya adalah Bapak Im dan beliau sekaligus sebagai seorang pemandu berpengalaman.Di warung ini menjual cenderamata yang dapat anda beli, salah satunya yaitu kaos bergambar Kawah Ijen atau yang lainnya yaitu souvenir keranjang belerang mini yang terbuat dari bambu diisi dengan serpihan kecil belerang kuning. Hiasan dari cetakan khusus berbahan belerang juga tersedia di warung serta Pos Bundar.

Apabila Anda memilih penginapan yang ada Banyuwangi maka ada banyak pilihannya.

Berikut beberapa penginapan di sekitar Kawah Ijen

Hotel di Bondowoso :

Ijen View Hotel
JL. Kis Mangunsarkoro No. 888,Bondowoso

Anugerah Hotel
JL. Letjen Sutoyo 12,Bondowoso

Kinanti Hotel
JL. Santawi 583,Bondowoso

Baru Hotel
JL. Kartini 26,Bondowoso

Slamet Hotel
JL.PB Sudirman 45,Bondowoso

Catimor Hotel and Guest House
Jampit – Sempol,Bondowoso

Arabica Home Stay
Kalisat – Sempol,Bondowoso

Hotel di Banyuwangi :

Ijen Resort & Villas
Randu Agung, Banyuwangi

Manyar Garden Hotel
Jl. Gatot Subroto 110 Ketapang, Banyuwangi

Mirah Hotel Banyuwangi
Jl. Yos Sudarso No. 28, Banyuwangi

Ketapang Indah Hotel
Jl. Gatot Subroto Km. 6, Banyuwangi

Hotel Berlian Abadi
Jl Yos Sudarso no. 165, Banyuwangi