Akhlak Seorang Muslim

Muslim yang terbaik adalah yang terbaik akhlaknya

Assalamualaikum Wr Wb

Pohon beringin, terkandung filosofi didalamnya. memang bukan yang paling cantik seperti anggrek, bukan yang paling diminati seperti mawar. namun menjadi yang paling menaungi, paling kuat, tidak peduli badai dan apapun yang mengahadang nya.

Jika akar yang menghujam kedalam bumi melambangkan iman yang tertancap dalam jiwa, batang yang kokoh sekalipun diterpa badai adalah syariat yang dijalankan maka daunnya yang rindang, yang kerap ditakuti musuh-musuhnya, daun yang menaungi, daun yang lebat dan melindungi adalah buah dari iman dan syariat, dialah akhlak.

Rasulullah… seorang manusia dengan akhlak yang sempurna, dikenal dengan julukan Al -Amin. Seorang pendobrak kebathilan pembawa kebenaran dengan akhlak yang luar biasa hebat nya. Hingga saat ini dialah motivator dan tujuan dari setiap muslim dunia. Seorang kekasih Allah dengan kesabaran yang tiada tara. Diuji dengan berbagai cobaan dimulai dari keluarga, harta bahkan harga diri beliau.

Seorang muslim yang selalu bermodalkan Akhlak pasti memiliki hati yang tenang dalam bertingkah laku di Lingkungan masyarakat maupun dengan teman.

“Sesungguhnya sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya”. (HR. Bukhari no. 6035).

Allah sebagai al alim atau yang maha mengetahui segala yang ada, baik yang bersembunyi di lubang jarum sekalipun Allah akan tau, maka dari itu sudah sepatutnya kita selalu merasa diawasi sehingga menjadi pengingat dalam setiap hendak berperilaku. dengan merasa diawasi maka yang akan keluar dari lisan berupa perkataan yang baik, perilaku yang nampak berupa sikap yang baik, tentulah itu merupakan akhlak rasulullah SAW.

Disetiap gerakan kita akan dipertangggung jawabkan dihadapan allah swt dari hal kecil hingga hal yang besar Q.S Al-zalzalah 7-8

“barang siapa berbuat kebaikan seberat biji zarrah maka orang itu akan mendapatkan hal tersebut. dan barangsiapa yang berbuat kejahatan sebesar biji zarrah maka akan kelak orang itu akan mendapati hal tersebut”

Prinsip inilah yang harus kita tanamkan dalam diri kita. agar kita dapat menjadi sebaik baik manusia yang dikatakan oleh Rasul kita

“Sesungguhnya sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Bukhari no. 6035).

Dengan usaha, kita untuk menjadi baik insyaallah allah akan mengubah diri kita ini yang asal nya buruk menjadi baik dan yang baik menjadi lebih baik.

Ketika sebagian orang memiliki hati yang tak kenal akan adanya akhlak, ketika sebagian orang baru mengenal apa itu akhlak. kita sebagai generasi muda muslim sejati yang berusaha sekuat tenaga kita untuk menolak tipu daya syaitan dan hawa nafsu, harus bisa menjadi pelopor bagi generasi selanjut nya bahkan menjadi pendobrak kebhatilan yang bisa menjadi pemimpin bagi umat islam. sekecil kecil nya menjadi pemimpin dalam keluarga. berakhlakul karimah Dan beramal ma’ruf nahi munkar

“Hendaklah ada di antara kamu yang mengajak kepada kebaikan dan mencegah kepada kemunkaran” (Ali Imran, 104)

Bak kata pepatah “Lidah mu tidak bertulang namun bisa menjadi pedang” oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan lisan kita sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar.” (Q.S. an-Nisaa’[4]: 114).

Hal ini dipertegas oleh Allah SWT

“Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf [50]: 18)

Dengan adanya ayat ini kita harus semakin meyakini bahwa allah swt yang maha mengawasi dan maha mendengar semua ucapan kita.

Waalaikumsalam Wr Wb